BPL HMI Maros Gelar Sosialisasi Kepemiluan

Experience, Maros – Membangun kesadaran Politik dan Demokrasi generasi muda melalui pengawasan partisipatif menjadi tema besar pembahasan di Sekolah Kepemiluan dan Demokrasi yang digagas oleh Bawaslu Kabupaten Maros bersama BPL HMI Cabang Butta Salewangang Maros.

Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel, Dr. H.L. Arumahi, MH saat pembukaan Sekolah Kepemiluan dan Demokrasi mengungkapkan bahwa kegiatan ini sangat strategis dalam pembangunan Demokrasi. Sebab menurutnya, sekolah ini menjadi acuan dan wadah bagi para mahasiswa dan pemuda penerus bangsa untuk menggali pengetahuan dan wawasan sehingga terhindar dari budaya-budaya politik yang buruk dan isu-isu krusial lainnya.

“Sekolah kepemiluan dan demokrasi ini menjadi salah satu bentuk kegiatan yang sangat berguna untuk penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan 2024 mendatang. Peserta Sekolah ini diharapkan mampu menjadi pioneer dalam menumbuhkembangkan Demokrasi di tengah masyarakat,” kata Ketua Bawaslu Provinsi Sulsel dalam sambutannya saat membuka kegiatan tersebut di Media Center Bawaslu Kabupaten Maros, Jumat (20/5/2022).

“Dalam praktiknya, Pemilu sudah pragmatis dan transaksional terlebih apabila bicara soal politik uang dan ini sangat membutuhkan peran generasi muda untuk memperbaiki keadaan dan menggugah kesadaran di tengah masyarakat, dengan begitu kualitas Demokrasi juga dapat dikembangkan,” terangnya.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kabupaten Maros, Sufirman, S.IP., M.Si dalam kesempatan yang sama mengungkapkan apresiasi atas terlaksananya kegiatan ini sebagai bagian dari program Bawaslu dalam mengembangkan pengawasan partisipatif.
“Kami mengapresiasi Badan Pengelola Latihan (BPL) HMI Cabang Butta Salewangang Maros yang bersinergi dengan Bawaslu untuk menghadirkan kegiatan ini sebagai salah satu langkah mengembangkan pengawasan partisipatif di Kabupaten Maros. Melalui ini kami juga berharap, dengan meningkatnya peran generasi muda, pemilu 2024 yang akan datang akan jauh lebih baik dari sebelumnya,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Selanjutnya Ketua Umum BPL HMI Cabang Butta Salewangang Maros, Miftahul Chair mengatakan sangat mengapresiasi Kegiatan kerjasama ini.
“Kedatangan BPL HMI ke Bawaslu Kabupaten Maros merupakan itikad baik dari kami untuk ikut berpartisipasi memberikan wadah pendidikan politik dan meningkatkan kesadaran berdemokrasi bagi kalangan pemuda dan mahasiswa karena tujuan hadirnya Himpunan Mahasiswa Islam ini adalah bagaimana mewujudkan masyarakat adil dan makmur”. Ujar Hul sapaan akrabnya.

Sebagai informasi, Sekolah Kepemiluan dan Demokrasi ini secara resmi dibuka pelaksanaannya hari ini (20/5) menghadirkan narasumber ahli di bidang kepemiluan dan Demokrasi yang melibatkan perwakilan OKP dan mahasiswa di Kabupaten Maros sebagai peserta dan akan berlangsung hingga 12 Juni 2022 mendatang dengan pertemuan 2 kali dalam 1 pekan. (**/Ancank)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan