FKM Unhas Siap Bermitra Dengan USAID JALIN Tangani AKI Dan AKB di Sulsel

oleh -0 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona
Ist.

Selagi. Id, Makassar – Fakultas Kesehatan Masyarakat mendapat kunjungan dari USAID JALIN, kedatangan tersebut dalam rangka menangani berbagai masalah kesehatan dalam menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia termasuk di Sulawesi Selatan.

Willy Kumurur selaku Manajer Regional Sulawesi Selatan didampingi oleh ibu Helmiati, SKM, MPH mengatakan bahwa JALIN ini bukan singkatan tetapi JALIN artinya bermitra.

Proyek USAID JALIN telah bergerak di 6 Provinsi di Indonesia yaitu di Sumatera Utara, Banten, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat dan Sulawesi Selatan.

“Alasan pemilihan provinsi ini karena provinsi tersebut masih memiliki masalah kematian ibu dan bayi yang cukup tinggi,”ujarnya, Selasa, 24/7/2018.

Lanjutnya ia mengatakan bahwa di Sulawesi Selatan terdapat 6 kabupaten yang akan menjadi sasaran dari proyek ini yaitu Gowa, Bulukumba, Jeneponto, Bone, Sinjai dan Pangkep.

Disamping itu Dekan FKM Unhas, Dr. Aminuddin Syam, SKM, M.Kes., M.Med.Ed. menyambut baik upaya kemitraan ini. Ia mengatakan bahwa kami memiliki sumber daya doktor dan Professor yang cukup.

” Anak-anak perlu diselamatkan, mereka adalah generasi yang harus dipersiapkan. Kemajuan bangsa ini sangat ditentukan oleh kesiapan generasi kita yang ada saat ini,”umbarnya.

Namun, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni yang juga menangani bidang kerjasama, Prof. Sukri Palutturi, PhD, mengatakan jika kerjasama ini juga bisa diarahkan pada kegiatan PBL mahasiswa yang dilakukan mulai dari semester IV, V dan VI. Mahasiswa tinggal di masyarakat selama dua minggu. Dimana Mahasiswa tinggal di masyarakat melakukan pengumpulan data, identifikasi masalah, prioritas masalah, intervensi dan evaluasi program. Hadir dalam pertemuan itu juga Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya.(*)