oleh

Ini Faskes Paling Berkomitmen Pelayanan JKN Terbaik 2020 di Wilayah Kerja BPJS Kesehatan Cabang Makassar

Makassar, Experience – Dalam rangka pemantapan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, serta sebagai bentuk pemberian apresiasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), BPJS Kesehatan menyelenggarakan pertemuan nasional fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan tahun 2020 dengan tema ” Komitmen dan Mutu Layanan Fasilitas Kesehatan bagi Peserta JKN di Era Adaptasi Kebiaasaan baru”.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai Rabu (14/10). Kemarin secara daring dan dihadiri manajemen fasilitas kesehatan seluruh Indonesia dan diawali pembukaan kegiatan, oleh Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris.

Dirinya menyampaikan, bahwa BPJS Kesehatan mendorong fasilitas kesehatan untuk berkomitmen menjaga kualitas pelayanan kepada peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), meski saat ini dunia kesehatan tengah disibukkan dengan kondisi pandemi Covid-19 dan masuk pada era Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB). Layanan kesehatan yang diterima peserta JKN-KIS, baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) maupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) harus tetap optimal. Ungkapnya,

“Kami sampaikan terima kasih kepada tenaga kesehatan yang telah berjuang di garda terdepan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Tantangan saat ini meski berada dalam kondisi pandemi Covid-19, pelayanan yang diberikan tentu harus sesuai dengan protokol kesehatan sebagaimana yang harus diterapkan dalam masa AKB di masa pandemi Covid-19 ini. Penerapan protokol kesehatan pada masa AKB ini diharapkan mampu memberikan perlindungan kepada masyarakat yang datang ke fasilitas kesehatan dari penyebaran Covid-19”. Kata Fachmi.

Saat dikonfirmasi Jum’at (16/10/2020) Sulselexperience.com, Humas BPJS Kesehatan Cabang Makassar Kharis Hidayatullah mengatakan bahwa dalam kegiatan pertemuan nasional tersebut patut diberikan apresiasi kepada fasilitas kesehatan di Wilayah kerja Kantor Cabang Makassar karena berhasil masuk dalam 2 kategori nominasi nasional.

Adapun yang masuk kategori antra lain yaitu drg. Hj. Ihyana Malik masuk dalam 3 besar nominasi nasional kategori Praktik Gigi Perorangan Paling Berkomitmen Pelayanan JKN Terbaik Tahun 2020 dan Rumah Sakit Maryam Citra Medika masuk dalam 3 besar nominasi nasional kategori Rumah Sakit Paling Berkomitmen Pelayanan JKN Terbaik Tahun 2020 kelas D”. Kata Kharis Hidayatullah

Diketahui kegiatan yang berlangsung selama 2 hari yaitu mulai sejak tanggal 14 hinhga 15 Oktober 2020 yang selain diikuti manajemen fasilitas kesehatan seluruh Indonesia, kegiatan ini juga diikuti oleh seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan, tak terkecuali BPJS Kesehatan Cabang Makassar. Kata Kharis

Masih dalam rangkaian kegiatan pertemuan nasional fasilitas kesehatan BPJS Kesehatan tahun 2020, BPJS Kesehatan Cabang Makassar juga memberikan apresiasi kepada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) Paling Berkomitmen Pelayanan JKN Terbaik tahun 2020 se Wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Makassar.

Berikut Fasilitas Kesehatan paling berkomitmen pelayanan JKN terbaik tahun 2020 di wilyah kerja BPJS Kesehatan Cabang Makassar :

  • Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama:
  • Kategori Puskesmas : Puskesmas Kassi Kassi
  • Kategori Klinik Pratama : Klinik Azka Nadhifah
  • Kategori Dokter Praktik Perorangan: dr. Anna Soeraidah Hamdany
  • Kategori Dokter Gigi Praktik Perorangan: drg. Hj. Ihyana Malik 
  • Kategori Rumah Sakit Tipe B : Rumah Sakit Akademis Jaury
  • Kategori RS Tipe C : RSUD Padjonga Dg Ngalle
  • Kategori RS Tipe D : Rumah Sakit Maryam Citra Medika

Sementara variabel penilaian untuk penghargaan FKTP paling berkomitmen dalam pelaksanaan JKN adalah bagaimana FKTP menerapkan protokol kesehatan di era AKB. Misalnya dilihat dari angka pemanfaatan antrean online terkoneksi Mobile JKN, respon time dokter dalam konsultasi tidak langsung melalui Mobile JKN Faskes, serta tersedia prosedur dan sarana pelayanan dalam Covid-19. Penilaian juga diberikan pada upaya FKTP menjaga status kesehatan peserta yang berisiko Covid-19 dengan persentase peserta PRB aktif melakukan kontak.

Selain itu, penilaian juga dilihat dari kinerja FKTP yaitu rata-rata rasio rujukan dan angka kontak KBK, serta mutu FKTP dilihat dari nilai Walk Through Audit.

Sedangkan variabel penilaian untuk rumah sakit adalah mencakup profil kompetensi rumah sakit, evaluasi pelaksanaan kerja sama, komitmen mutu pelayanan, indeks kepatuhan dan indeks hasil survei Walk Through Audit (WTA). Penilaian juga difokuskan pada pengelolaan sistem antrean, display tempat tidur perawatan dan display tindakan operasi yang terhubung Mobile JKN sebagai bagian dari keterbukaan informasi kepada masyarakat serta sesuai dengan 10 komitmen peningkatan layanan di tahun 2020. Terang Humas BPJS Kesehatan Cabang Makassar Kharis Hidayatullah.

Sementara saat ditemui pada penyerahan plakat dan piagam penghargaan fasilitas kesehatan paling berkomitmen pelayanan JKN terbaik tahun 2020, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar Greisthy E.L Borotoding menyampaikan apresiasi kepada seluruh fasilitas kesehatan yang telah memberikan pelayan terbaik kepada peserta program JKN.

“Penghargaan ini kami berikan sebagai bentuk apresiasi kepada fasilitas kesehatan yang telah berupaya maksimal dan paling berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada Peserta JKN-KIS sesuai dengan indikator-indikator penilaian yang telah di tetapkan” kata Greisthy E.L Borotoding selaku Kepala BPJS Kesehatan Cabang Makassar

Hal ini juga sebagai upaya untuk mendorong motivasi dan semakin memacu fasilitas kesehatan untuk terus berinovasi agar mutu pelayanan di fasilitas kesehatan semakin meningkat dan kenyamanan serta kepuasan peserta dapat terwujud saat peserta berobat di FKTP maupun FKRTL. Tutupnya

Komentar

Topik