Ini Harapan Direktur Poltekpar Makassar Pada Wisuda Poltekpar Secara Virtual

oleh -0 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Exeprience.com, Makassar – Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Makassar kembali menggelar Sidang Terbuka Wisuda XIX Program Diploma III Ahli Madya Pariwisata dan Program Diploma IV Sarjana Terapan Pariwisata di Gedung Balairung I Wayan Bendhi Kampus Poltekpar Makassar, Selasa (27/10/2020).

Wisuda Poltekpar Makassar tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya karena pandemi covid 19 maka dilaksanakan dengan hybrid yaitu memadukan sebagian peserta yang hadir secara luring dan daring untuk memutus penyebaran covid-19

Kampus dibawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini mewisuda sebanyak 430 mahasiswa berasal dari Program Diploma III dan IV dengan berbagai Program studi antara lain :
1. Manajemen Divisi Kamar (MDK) 53 orang,
2. Manajemen Tata Hidangan (MTH) 53 orang,
3. Manajemen Tata Boga (MTB) 74 orang,
4. Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata (MJP) 46 orang,
5. Adminitrasi Perhotelan (ADH) 50 orang,
6. Manajemen Kepariwisataan (MKP) 74 orang,
7. Usaha Perjalanan Wisata (UPW) 51 orang, dan
8. Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan (MKH) 29 orang.

Wisuda tahun ini dilaksanakan secara Virtual bersama 6 Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata (PTNP) yakni STP Bandung, Poltekpar Bali, Poltekpar Makassar, Poltekpar Medan, Poltekpar Palembang dan Poltekpar Lombok. Prosesi wisuda ini diIkuti langsung secara daring oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Bapak Wishnutama Kusubandio dari Gedung Balairung Sapta Pesona Kemenparekraf Jakarta.

Untuk predikat lulusan terbaik dari masing-masing PTNP mengirim 2 mahasiswa/i mengikuti wisuda di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Jakarta yang nantinya akan di wisuda oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/ Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, Wishnutama Kusubandio. Adapaun mahasiswa yang mewakili Poltekpar Makassar yakni dari Program Pendidikan Diploma IV diraih oleh Muh. Yusuf dengan IPK 3,98 yang berasal dari Program Studi Usaha Perjalanan Wisata dan untuk Program Diploma III diraih oleh Sitti Nurhasanah dengan IPK 3,96 yang berasal dari Program studi Manajemen Bisnis Perjalanan Wisata.

Ketua Panitia Pelaksana Wisuda Virtual Bersama PTNP, Dra. Ni Wayan Giri Adnyani, M.Sc mengatakan Wisuda Virtual bersama ini adalah momen bagi kami untuk mengembalikan mahasiswa dan mahasiswi kepada orang tua setelah menyerahkan Program studi di PTNP masing-masing. Momen ini juga merupakan tonggak sejarah para wisudawan dan wisudawati yang sebenarnya untuk menghadapi dunia dan tentunya juga merupakan sejarah di lingkungan Kemenparekraf/ Baparekraf.

Hari ini Kemenparekraf/ Baparekraf mewisuda 2746 Wisudawan yang terdiri dari STP Bandung 722 Wisudawan, Poltekpar Medan 460 Wisudawan, Poltekpar Makassar 430 Wisudawan, Poltekpar Bali 561 Wisudawan, Poltekpar Palembang 259 Wisudawan, dan Poltekpar Lombok 314 Wisudawan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi dan Kreatif/ Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Dalam sambutannya yang disampaikan melalui Wishnutama Kusubandio sangat mengapresiasi 2.746 wisudawan dan wisudawati dengan rasa bangga, meskipun dilaksanakan secara hybrid Tahun Akademik 2020 dari 6 PTNP. Keberhasilan kalian dalam menyelesaikan studi adalah langkah besar tetapi juga sebuah langkah awal dalam membangun pariwisata Indonesia.

Lanjutnya Menparekraf juga menyampaikan pesan Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo dalam rapat kabinet terbatas yaitu Pembangunan SDM sebagai yang sangat penting bagi kemajuan Bangsa dan Negara harapan dan keyakinan beliau bahwa Indonesia mampu menciptakan SDM Kreatif yanag produktif dan inovatif serta memiliki daya saing tinggi untuk menghadapi persaingan global yang termasuk berfokus pada pariwisata dan ekonomi kreatif.

Sementara Direktur Poltekpar Makassar, Drs. Muhammad Arifin, M.Pd juga menyampaiakan apa yang dilakukan lembaga ini telah memberikan kontribusi terhadap masyarakat dan kewirausahaan khususnya di wilayah Sulawesi selatan. Sumber Daya Manusia Unggul merupakan tugas dan tanggung jawab kita semua dan Sumber Daya Manusia yang UNGGUL dibidang Kepariwisataan tentu menjadi tantangan bagi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dalam hal ini Perguruan Tinggi Negeri Pariwisata dibawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif secara keseluruhan dan Poltekpar Makassar di Kawasan Timur Indonesia.

Lanjutnya darma bakti anda telah di tunggu oleh keluarga dan masyarakat serta negara, jangan pernah berhenti untuk belajar karena sumber belajar tidak hanya dari dosen dan kampus saja tetapi dari segala persoalan, kesukaran, lingkungan sekitar, juga menjadi sumber belajar untuk kesuksesan anda kami harap selalu mengingat tiga hal yaitu, menjaga integritas, fokus dan memuliakan orang tua.

Wisuda Virtual ini selain diikuti oleh Menteri Parekraf Bapak Wishnutama Kusubandio dan Sekretaris Menteri Ibu Ni Wayan Giri Adnyani turut dihadiri juga oleh Wakil Menteri Parekraf Ibu Angela Tanoesoedibjo, Dewan Penyantun Poltekpar Makassar Bapak Mayor Jenderal TNI (Purn.) H.M. Amin Syam, Inspektur Utama Kemenparekraf Restog Krisna Kusuma dan Pejabat Struktural dan Fungsional di enam PTNP, serta tamu undangan dari Perwakilan Dinas Pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, Perwakilan Dinas Pariwsata Kota Makassar, PHRI, ASITA, IHGMA, ASPERAPI dan stakeholder lainnya baik yang menghadiri secara offline dan Online.

Hiro Rifqoh selaku perwakilan yang juga mendapat prestasi terbaik Alumni Mahasiswa Poltekpar Makassar menyampaikan Kesan dan Pesan bahwa tantangan yang berat bukanlah seberapa banyak lembaran ujian yang kita selesaikan bukan juga tentang kerasnya industry melainkan adalah melawan diri sendiri.

Lanjutnya dari sinilah kita harus memahami arti perjuangan dan arti sebuah obsesi melawan diri sendiri demi merontokkan kemalasan dan menenggelamkan rasa enggan untuk belajar maka tiang-tiang yang telah kita bangun tidak akan mengkhianati hasil.

Dia menambahkan sebagai mahasiswa Pariwisata kita harus belajar tentang ketulusan dan keikhlasan yang dimana kita dilatih untuk ditantang terus menerus mengaitkan ilmu pengetahuan dan pelayanan yang kita berikan sehingga kelak akan menghasilkan sumber daya yang unggul. Di kampus ini kami selalu di motivasi untuk selalu menjunjung tinggi etika sebagai identitas inti mahasiswa baik secara personal dan komunal.

Suasana dalam kampus pun mendukung sejalan kita dengan seringnya kita memberi dan membalas sapa, salam dan bertukar pikiran. ‘Cetus Hiro Rifqoh.

Para lulusan terbaik Wisuda Poltekpar Makassar Tahun 2020 antara lain adalah:
1. Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), saudari Muh. Yusuf dengan indeks prestasi kumulatif 3.98 predikat lulus dengan Cum laude.
2. Program Studi Manajemen Kepariwisataan (MKP), saudari Sahratuljannah dengan indeks prestasi kumulatif 3.97 predikat lulus dengan Cum laude.
3. Program Studi Manajemen Bisnis Jasa Perjalanan Wisata (MJP), saudari Siti Nurhasanah dengan indeks prestasi kumulatif 3,96 predikat lulus dengan Cum laude.
4. Program Studi Manajemen Divisi Kamar (MDK), Saudara Nur Fadilah Rais dengan indeks prestasi kumulatif 3,95 Predikat Lulus dengan Cum laude.
5. Program Studi Adminitrasi Perhotelan (ADH), saudari Ananda Rosliah dengan indeks prestasi kumulatif 3.95 predikat lulus dengan Cum laude.
6. Program Studi Manajemen Tata Hidang (MTH), saudari Franciscus Edbert Tandiharjo dengan indeks prestasi kumulatif 3.93 predikat lulus dengan Cum laude.
7. Program Studi Manajemen Tata Boga (MTB), Saudara Eryanto Wijaya dengan indeks prestasi kumulatif 3,93 Predikat Lulus dengan Cum laude.
8. Program Studi Manajemen Bisnis Konvensi dan Perhelatan (MKH), saudari Harfina Okzarina dengan indeks prestasi kumulatif 3.80 predikat lulus dengan Cum laude. (*)