Mahasiswa Matematika UNM Jadi Duta Penerapan Model

oleh -97 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

EXPERIENCE, Makassar – Mahasiswa Matematika UNM Jadi Duta Penerapan Model Metakognitif Mahasiswa matematika FMIPA UNM yang tergabung dalam tim Magang Kependidikan Jurusan Matematika Universitas Negeri Makassar dengan judul “Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika dan Numerasi Melalui Penerapan Model PMKM (Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif)” menjadi duta penerapan model metakognitif.

Tim ini terdiri dari 2 orang mahasiswa yaitu Miske Elsy Sibian dan Muhammad Hidayatullah Dwi Putra, berada di bawah bimbingan Muhammad Husnul Khuluq S.Pd., M.Sc. yang merupakan salah satu Dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Ketua Tim, Miske Elsy Sibian mengatakan bahwa program ini merupakan salah satu program dari tujuh program revitalisasi LPTK dimana mahasiswa berperan sebagai duta penerapan model pembelajaran unggulan.

Model pembelajaran unggulan yang dipilih oleh Tim Magang Kependidikan UNM yaitu, Model Pembelajaran Menumbuhkembangkan Kemampuan Metakognitif (PMKM).

“Harapannya dengan adanya penerapan model ini maka akan membuat siswa menjadi mandiri, kritis, dan aktif. Karena sintaks dari model PMKM ini berfokus pada kegiatan siswa dalam mengkonstruksi sendiri materi maupun permasalahan yang diberikan.” Tutur Ketua tim, Miske Elsy Sibian.

Lebih lanjut, Miske (sapaannya) mengatakan bahwa penerapan model ini sengaja dikombinasikan dengan pemberian soal-soal PISA maupun HOTS untuk melatih kemampuan literasi matematika dan numerasi siswa.

Adapun menurut Muhammad Hidayatullah Dwi Putra, pelaksanaan program ini diadakan selama dua bulan dengan terlaksananya enam belas kali pertemuan di kelas VIII SMPN 26 Makassar.

“Pelaksanaan program ini yaitu selama dua bulan, sesuai dengan arahan dari pihak UNM dengan melakukan minimal 8 kali pertemuan, namun ternyata saat proses pelaksanaannya kami dari Tim Magang Kependidikan Jurusan Matematika berhasil melaksanakan 16 kali pertemuan’, tuturnya.

Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tersebut mengungkapkan rasa terimakasih atas dukungan dari berbagai pihak, khususnya pihak kampus dan sekolah yang telah mendukung pelaksanaan program ini.

“Kami dari Tim Magang Kependidikan Jurusan Matematika UNM mengucapkan terimakasih atas kesempatan yang telah diberikan bkepada kami berdua dalam pelaksanaan program ini. Harapan kami, dengan terlaksananya program ini mampu memberikan manfaat baik bagi kampus maupun sekolah, dalam hal ini kami sangat berharap model PMKM ini dapat menjadi salah satu alternatif bagi pembelajaran khususnya matematika.” (Mat Nur/*”)