Membentuk Kader Pelatih Yang Handal, DIVIF 3 Kostrad Selenggarakan Penataran Pelantih Infantri

oleh -36 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SulselExperience com, Maros – Divisi Infanteri 3 Kostrad merupakan salah satu satuan tempur operasional yang dimiliki oleh TNI AD. Berbagai penugasan baik dalam negeri maupun luar negeri telah dijalani oleh satuan jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad. Bukan tanpa alasan, kepercayaan dan kehormatan dalam melaksanakan penugasan diberikan oleh negara kepada satuan jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad dikarenakan prestasi di medan tugas dan profesionalisme prajurit yang senantiasa tertanam di jiwa prajurit Divif 3 Kostrad.

Profesionalisme dan kemampuan tempur prajurit Divif 3 Kostrad terbentuk dari pembinaan dan proses berlatih yang terarah, bertahap, bertingkat dan berlanjut. Hal inilah yang dijadikan sebagai pedoman dalam rangka memelihara dan meningkatkan kemampuan dan profesionalisme prajurit baik dari segi kemampuan perorangan sampai dengan tingkatan satuan.

Dalam suatu tahapan latihan, sebagian besar kunci kesuksesan berada di tangan pelatih dan penyelenggara Latihan. Bagaimana penyelengara dan pelatih dalam menyiapkan sarana, prasarana dan materi Latihan, serta kedisiplinan dalam membentuk prajurit, merupakan hal yang mutlak dalam mencapai keberhasilan Latihan.

Oleh karena itu, selain melatih dan membentuk prajurit siap tempur, satuan Divisi Infanteri 3 Kostrad juga melaksanakan program dalam rangka membentuk kader-kader pelatih khususnya pelatih Infanteri baik dengan kegiatan pelatihan maupun kegiatan penataran guna membentuk prajurit atau personel dengan kemampuan pelatih yang mumpuni di satuan dalam rangka mendukung tugas pokok satuan.

Satuan Divisi Infanteri 3 Kostrad menyelenggarakan penataran pelatih (Tartih) Infanteri yang secara resmi dibuka oleh Kasdivif 3 Kostrad, Brigjen TNI Refrizal yang bertempat di Mabrigif Para Raider 3/TBS Divif 3 Kostrad, Kab. Maros, Sul Sel, Senin (22/11/2021).

Kegiatan penataran pelatih Infanteri ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 27 hari mulai tanggal 22 November s.d 19 Desember 2021 yang diikuti sebanyak 70 peserta dari satuan jajaran Divisi Infanteri 3 Kostrad. Kegiatan Tartih Inganteri ini dilaksanakan mulai tahapan teori sampai dengan aplikasi di lapangan.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan Tartih Infanteri Satjar Divif 3 Kostrad, Kasdivif 3 Kostrad menyampaikan, “Menjaga dan meningkatkan kualitas dan mutu tempur satuan adalah hal yang wajib, oleh karena itu disamping melaksanakan kegiatan Latihan taktik tempur satuan perlu dilaksanakan peningkatan sumber daya manusia khususnya para pelatih infanteri sehingga akan ada keseimbangan antara program Latihan dan sumber daya manusia yang menyiapkan program Latihan tersebut. Itulah yang menjadi salah satu tujuan pelaksanaan penataran pelatih infanteri ini”.

“Ikuti dan laksanakan kegiatan Latihan ini dengan penuh rasa tanggung jawab dan semangat, karena prajurit sejati adalah prajurit yang haus akan Latihan dan penugasan, ” pungkas Kasdivif 3 Kostrad.

 

(Rls/U Nai)