Memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Himaprodi S.1 FKM UIT Gelar Camping Day dan Baksos

oleh -24 views
IMG 20211019 WA0081 https://sulselexperience.com/memperingati-hari-cuci-tangan-pakai-sabun-sedunia-himaprodi-s-1-fkm-uit-gelar-camping-day-dan-baksos.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα Memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia, Himaprodi S.1 FKM UIT Gelar Camping Day dan Baksos 1 Tak Berkategori
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SULSELEXPERIENCE.COM — Himpunan Mahasiswa Program Studi S1 Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia Timur malaksanakan Camping Day FKM UIT dan Baksos Memperingati hari Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Sedunia (Global Handwashing Day) dengan megusung tema “Indonesia sehat dimulai dari individu yang bersih”. Kegiatan ini dilaksanakan di Hutan Pinus Camping Ground Lembanna, Kelurahan Pattapang Kec. Tinggimoncong. Kab. Gowa, Sabtu-Minggu, 16-17 Oktober 2021.

Kegiatan Camping ini dihadiri, Dekan FKM UIT Hermawati Hamalding, S.KM., M.Kes, Ketua Program Studi S.1 Kesehatan Masyarakat ,Marhtyni, S.KM., M.Kes, Dosen Prodi S.1 Kesmas, dan Mahasiswa. Kegiatan camping day ini dilaksanakan guna mempererat tali kekeluargaan Mahasiswa dan dosen FKM UIT serta memberi kesempatan kepada Mahasiswa untuk mengenali lingkungan. Pada kesempatan ini Mahasiswa dan dosen melaksanakan family gathering, kuliah lapangan dan baksos memperingati Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia (HCTPS) 2021.

Dekan FKM UIT, Hermawati Hamalding, S.KM, M.Kes, mengatakan Pelaksanaan kuliah lapangan ini sebagai implementasi dari Program merdeka belajar. Harapannya dengan kuliah lapangan, Mahasiswa lebih bisa berinteraktif dengan masyarakat. Beberapa dari mata kuliah mereka memang banyak yang berhubungan dengan masyarakat dan lingkungan jadi memang tepat jika dilakukan secara out door dengan metode Learning by doing dan fun learning. Meskipun dilakukan di alam terbuka tentunya dalam kegiatan ini kami tetap menghimbau untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

Selain melakukan kuliah lapangan Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT juga melakukan Baksos memperingati hari CTPS Sedunia. Hari CTPS sedunia atau Global Washing Day ini diperingati setiap tanggal 15 Oktober. Pertama kali diperingati pada tahun 2008 oleh Publik-Private Partnership Of Handwashing (PPPHW). Peringatan Hari CTPS sedunia ini kami lakukan dengan melakukan bakti sosial di lokasi camping day. Pada kegiatan ini kami bekerjasama dengan Korps Sukarela (KSR) Palang Merah Indonesia (PMI) Unit Markas Kabupaten Gowa membagikan paket PHBS kepada beberapa pengunjung Lembanna dan juga kepada santri TKA-TPA sekitar Lembanna yang kami undang, ” kata Rismawati, Ketua Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT.

Pembagian Paket PHBS ini juga diiringi dengan edukasi terkait langkah CTPS. Edukasi terkait 11 langkah Cuci tangan Pakai Sabun dan pentingnya penerpan CTPS untuk melindungi diri dari penyakit dibawakan apik oleh dua dosen Prodi Kesmas yakni Ketua Prodi S.1 Kesmas dan Pembina Himaprodi S.1 Kesmas FKM UIT,
Marhtyni, S.KM., M.Kes dan Nismwati, S.Si., M.Kes, . Gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) merupakan salah satu bagian dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). CTPS ini tentunya dapat membunuh kuman penyebab penyakit dan sebagai jalan mencegah terjadinya penyakit khususnya penyebaran Covid-19 dengan mudah dan murah. Dengan tangan yang bersih maka semua terlindungi.

Harapannya peringatan CTPS kali ini bisa memberi sumbangsi terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 khususnya di lokasi wisata. Alhamdulillah antusias masyarakat, Mahasiswa dan dosen sangat baik. Kegiatan berjalan lancar. Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang membantu, Civitas Akademika FKM UIT, para mitra kegiatan, Mahasiswa dan teman-teman panitia, “kata Muliati sebagai Ketua Panitia, (Ahmad/Aco).