Sosialisasikan Prosedur Sertifikasi Halal, GenBI UNM Gelar Webinar UMKM _Goes to_ Halal

oleh -17 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Experience com, Makassar – Generasi Baru Indonesia (GenBI) Komisariat Universitas Negeri Makassar (UNM) menggelar Webinar UMKM _Goes to_ Halal. Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 02 Oktober 2021 via zoom.

Webinar UMKM _Goes to_ Halal ini merupakan program kerja perdana dari deputi kewirausahaan GenBI UNM. Tema yang diusung dalam webinar kali ini ialah Bersama Produk Halal, UMKM Maju. Tujuan dari pelaksanaan webinar UMKM ini ialah untuk mensosialisasikan bagaimana prosedur pengurusan sertifikasi halal produk pelaku UMKM, terutama UMKM di Sulawesi Selatan.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Pembina GenBI Wilayah Sulawesi Selatan yakni Rawindra Ardiansah. Dalam sambutannya, ia mengatakan bahwa sertifikasi halal ini sangatlah penting karena hal ini telah menjadi _trend_ kuliner yang bukan hanya untuk kaum muslim saja, tapi seluruh umat beragama. Hal ini ini menurutnya dapat dilihat dari _trend_ halal yang digaungkan oleh beberapa negara yang minoritas Muslim seperti Spanyol, Inggris, Korea Selatan, dan beberapa negara lainnya.

Selain itu, Syarif Hidayatullah selaku ketua GenBI Komisariat UNM dan Larasati Azis selaku Sekretaris Wilayah GenBI Sulawesi Selatan dalam sambutannya pun menambahkan bahwa sudah seharusnya para pengurus GenBI harus selalu menjadi _Agent of Change_ untuk membawa perubahan ke masyarakat, termasuk mensosialisasikan sertifikasi produk halal ini.

” Sebenarnya label hal ini tidak berbicara tentang makanan muslim atau non muslim, akan tetapi menjadi magnet ekonomi tersendiri bagi para konsumen untuk mengkonsumsi makanan yang terjaga keamanannya dan kualitas dari makanan tersebut ” ujar Rawindra Ardiansah selaku Pembina GenBI Wilayah Sulawesi Selatan

Adapun Narasumber yang dihadirkan dalam Webinar ini ialah Tajuddin Abdullah (Direktur LP.POM MUI Sulawesi Selatan) dan Andi Erni (Kepala Seksi Peningkatan Kualitas SDM Dinas Koperasi dan Kewirausahaan). Dalam penyampaian materinya, Andi Erni selaku perwakilan dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulawesi Selatan mengatakan bahwa urgensi dari sertifikasi halal ini ialah untuk menumbuhkan ekonomi syariah. Oleh karena menurutnya, di era saat ini halal ini telah menjadi gaya hidup masyarakat global.

Selain itu, Tajuddin Abdullah selaku perwakilan MUI Sulawesi Selatan menambahkan bahwa para pelaku UMKM sudah seharusnya melakukan sertifikasi halal bagi produknya. Karena pelayanan dan pengurusan beberapa langkah sertifikasi halal ini telah disediakan secara online saja. Ia pun menambahkan bahwa dengan tersertifikasinya produk UMKM ini maka tingkat kepercayaan konsumen pun tinggi, sehingga mereka merasa tenang dalam menggunakan produk tersebut.

Webinar ini dihadiri oleh para pengurus GenBI, beberapa UMKM, serta masyarakat umum. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi tanya jawab, games, dan foto bersama. Dengan terselenggaranya Webinar UMKM _Goes to Halal_ ini diharapkan para pengurus GenBI selalu hadir dalam memberi Energi untuk Negeri.

 

 

 

(A.N Amd)