Tumbuhkan Keterampilan Vokasional Dasar, Dosen UNM Adakan Pelatihan

oleh -45 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Sulselexperience.com — Maros – Dosen Pendidikan Khusus Uiversitas Negeri Makassar menagadakan pelatihan pembuatan telur asin bagi peserta didik berkebutuhan khusus di SLB Negeri I.

Pelatihan ini dilaksanakan oleh tim pengabdi dari Jurusan Pendidikan khusus UNM yaitu Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd, Dr. H. Syamsuddin, M. Si, dan Dra Hj. St Kaswati , M. Si yang dihadiri oleh guru dan siswa berkebutuhan khusus, Senin, (29/10/2021).

Menurut Ketua tim pengabdi, Dra. Dwiyatmi Sulasminah, M. Pd, tujuan dilakukannya PKM Pelatihan membuat telur Asin bagi siswa berkebutuhan khusus tersebut, agar anak didik memiliki keterampilan vokasional dasar yang bermanfaat bagi diri anak setelah mereka tamat sekolah.

“Keterampilan ini sangat mudah dilakukan anak-anak di rumah dan aman, bahkan memiliki nilai jual. Bahan baku yang dibutuhkan pun mudah diperoleh anak dilingkungan tempat tinggal mereka,” ujarnya

Harapan tim pengabdi adalah dengan adanya pelatihan ini dapat dijadikan masukan bagi sekolah untuk mulai memikirkan dan menyiapkan keterampilan yang memiliki nilai jual sehingga anak mendapatkan penghasilan dari kegiatan tersebut.

“Selain melatih keterampilan sebagai persiapan memasuki dunia kerja, sekolah dapat juga merancang pembelajaran mengenai kemampuan pemasaran hasil kerja peserta didik, membuat suatu sheltered workshop, dengan pekerja adalah alumni sekolah tersebut,” tuturnya, (Fit/*).