Mahasiswa KKN UIT Gelar Penyuluhan Tanaman Obat di Kelurahan Bakung Makassar

oleh -50 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SULSELEXPERIENCE.COKLM,Makassar — Puluhan warga RT 02, RW 09, Kelurahan Bakung Kecamatan Biringkanaya Makassar Sulawesi Selatan mengikuti penyuluhan tanaman obat dan pelatihan pemanfaatan digital media komunikasi sebagai sarana pemasaran online di masa Covid-19 di kantor Lurah Bakung, Jalan Asrama Haji, Rabu 12 Januari 2022.

Penyuluhan dan pelatihan adalah rangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata atau KKN Mahasiswa Universitas Indonesia Timur (UIT) Tahun 2021-2022 di Kelurahan Bakung.

Dosen Fakultas Farmasi UIT, Suherman, S.Fam, M.Fam yang menjadi pemateri Penyuluhan manfaat serta khasiat tanaman obat di masa pandemi Covid-19 memaparkan sejumlah manfaat dan kegunaan tanaman obat keluarga. Ia mengajak seluruh peserta pelatihan memanfaatkan tanaman obat yang ada di sekitar dan meminta agar dalam menggunakan obat harus tepat takaran, tepat waktu dan tepat penggunaan.

“Pasti ada efek samping yang ditimbulkan yang perlu diperhatikan adalah bagaimana menggunakan obat perhatikan mutu dan kualitas,” kata Suherman.

Para peserta penyuluhan yang didominasi perempuan terlihat antusias. Bahkan di sesi tanya jawab, peserta bahkan menyampaikan kekhawatiran mereka soal dampak mengkonsumsi obat dalam jangka panjang.

Sementara itu, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kel. Bakung, Drs. Andi Jamal yang hadir membuka penyuluhan dan pelatihan mewakili Lurah Kelurahan Bakung, Kamal Tata ST menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilakukan mahasiswa KKN UIT. Menurutnya, kegiatan mahasiswa UIT sangat bermanfaat karena menambah informasi mengenai pemanfaatan tanaman obat.

“Sedikit banyak membantu, selain itu juga mahasiswa KKN membuat taman tanaman obat keluarga di Kelurahan,” kata Andi Jamal.

Selain penyuluhan, peserta juga mengikuti
pelatihan pemanfaatan media digital komunikasi serta praktek fotografi produk meningkatkan pemasaran SDA oleh ibu Mitha Myestika Kuen, S.IP, M.I Kom dosen ilmu komunikasi sospol UIT, kemudian materi daya tarik diksi sebagai pemikat promosi di media digital komunikasi oleh Ibu St Shofiyah S.S, M.SI.
Dosen ilmu komunikasi sospol UIT, Materi keempat strategi jitu pemanfaatan media digital sebagai sarana pemasaran online di masa covid 19 oleh ibu Fyan Andinasari Kuen, S.IP, M.i Kom yang juga merupakan ka prodi ilmu komunikasi sospol UIT. (MAD)