Gandeng 2 Lembaga Sekaligus, ITB Kalla Tekan MoU Kemitraan

oleh -9 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SulselExperience com, Makassar – Institut Teknologi dan Bisnis Kalla bersama dengan Pemerintah Desa Sudirman Kab. Maros dan PT. NAS Media Indonesia menyepakati penandatanganan nota kesepahaman atau memorandum of understanding (MoU) untuk kemitraan dalam pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi dan pendirian lembaga penerbit kampus. Penandatanganan tersebut berlangsung di UMKM Hunt, Nipah Mall Makassar pada Jumat (5/11) lalu.

Hadir dalam penandatanganan tersebut, Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswa, Amril Arifin S.E.,M.Si.CA, Kepala Desa Sudirman, Kec. Tanralili Maros Ibu Lenny Marlina S.E dan CEO PT. NAS Media Nur Amin Saleh,S.Psi.,M.H.

Kerjasama antara ITB Kalla dan Pemerintah Desa Sudirman mencakup kesepakatan untuk pelaksanaan program pendampingan dan pengabdian masyarakat bagi kelompok ekonomi dan non ekonomi, kegiatan pembelajaran di luar kampus. Sedangkan Kerjasama antara ITB Kalla dengan PT. NAS Media mencakup kesepakatan untuk meningkatkan kemampuan literasi dan stanadarisasi mutu perguruan tinggi melalui lembaga penerbitan kampus atau dikenal dengan university press.

Setelah penandatanganan MoU, dilanjutkan dengan penandatanganan perjanjian Kerjasama atau memorandum of agreement (MoA) Pemerintah Desa Sudirman dan PT.NAS Media dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) dan seluruh Ketua program Studi.

Ketua LPPM ITB Kalla, Andi Tenri Pada menyambut baik kesepakatan Kerjasama ini sebagai bentuk kemitraan yang bernilai strategis dalam lingkup tri dharma perguruan tinggi.

“LPPM sebagai lembaga yang menaungi penelitian dan pengabdian masyarakat mengapresiasi terlaksananya penandatanganan ini. Di desa Sudirman, kami pernah memberikan pelatihan terkait kewirausahaan dan bisnis digital pada pertengahan tahun 2021 lalu langsung dengan masyarakat desa dan mengunjungi BUMDES DINARIL yang telah memiliki beberapa bidang usaha yang potensial seperti jamur dan batik ecoprint. Melihat potensi pengembangan dari desa tersebut utamanya dalam bidang ekonomi, kami berharap ITB Kalla dapat turut berkontribusi bagi peningkatan kapasitas SDM masyarakat disana”. Ungkap Tenri

“Semoga Kerjasama ini dapat membantu pengembangan desa kami menjadi lebih baik, utamanya dalam mencarikan pasar yang potensial bagi produk kami dan pengetahuan masyarakat terkait bisnis digital”. Ungkap Lenny Marlina, S.E Kepala Desa Sudirman, Kab. Maros

Terkait pendirian dan pengembangan penerbitan kampus di ITB Kalla, LPPM juga menginisiasi Kerjasama dengan berbagai mitra strategis termasuk PT. NAS Media sebagai lembaga No.1 Self Publishing di Indonesia, PT. NAS Media yang digawangi oleh Nur Amin Saleh ini digerakkan di Kota Makassar dan telah banyak membuka Kerjasama konsultansi terkait percetakan dan penerbitan

“Nas Media memiliki program one institute one publisher yang diharapkan dapat mempermudah dan menjadi kitra strategis setiap kampus untuk menerbitkan setiap produk pengetahuannya seperti buku ajar, monograf, atau karya mandiri dari dosen dan mahasiswa”. Ungkap Nur Amin Saleh, CEO sekaligus Founder dari PT.NAS Media

Perguruan tinggi diharapkan dapat mendorong luaran-luaran tri dharma dalam bentuk produk literasi seperti buku ajar, monofraf dan buku ilmiah lainnya. ITB Kalla merespon kebutuhan itu agar ke depan tiap dosen maupun mahasiswa semakin produktif dalam menerbitkan karyanya.

“Tahun ini, kami sedang mempelajari bagaimana potensi pengembangan penerbitan kampus yang mandiri dan professional sebagai sentra desiminasi pengetahuan dosen dan mahasiswa ITB Kalla. Dan tidak menutup kemungkinan juga memberikan kesempatan bagi mitra di luar ITB Kalla untuk bekerjasama penerbitan dengan lembaga kami”. Ungkap Tenri, Ketua LPPM ITB Kalla.

 

(Rls/ U Nai)