Menu

Mode Gelap

Akademisi · 28 Apr 2022 WIB ·

Andi Risma Jaya Dosen FISIP UIT Raih Gelar Doktor di UNHAS


 Andi Risma Jaya Dosen FISIP UIT Raih Gelar Doktor di UNHAS Perbesar

Experience,Makassar-Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm. Pemb Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Timur (FISIP UIT) Raih Gelar Doktor Ilmu Administrasi Publik di Universitas Hasanuddin (UNHAS) Aula Prof. Syukur Abdullah (lantai 3) FISIP UNHAS secara Luring dan Daring, Kamis, 28 April 2022.

Promosi Doktor ini, dipimpin Dekan FISIP UNHAS, dan sekeligus Promotor, Prof. Dr. Armin, M.Si, Kopromotor I, Dr. Suryadi Lambali, MA, Kopromotor II, Dr. Muhammad Tang Abdullah, M.AP, Penguji Eksternal, Prof.Dr.Haedar Akib, M.Si, Penguji Internal, Prof.Dr.Sangkala, M.Si, Dr.Phil. Sukri, M.Si, Dr. Hasniati, S.Sos, M.Si.

Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm.Pemb dengan judul disertasi ” Strategi Kebijakan Pengembangan Pariwisata Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba”.

Berdasarkan hasil penelitian Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm.Pemb telah memberikan kesimpulan sebagai berikut;
1. Strategi Pemerintah Daerah dalam pengembangan Pariwisata Tanjung Bira Bulukumba masih belum optimal. Ini dapat dilihat dari aspek pengelolaan dan ketersediaan lahan yang masih kurang karena sebagian besar lahan masih didominasi oleh hutang lindung. Selanjutnya perencanaan pengembangan yang masih belum berjalan dengan baik, masih rendahnya peran serta stakeholder di dalam mendukung kebijakan pengembangan Pariwisata hal ini terlihat dari partisipasi masyarakat yang minim bahkan cenderung acuh serta tidak ikut terlibat dalam kebijakan.

2. Desain strategi Pemerintah Daerah dalam pengembangan Pariwisata di Tanjung Bira Kabupaten Bulukumba belum efektif. Hal tersebut dapat dilihat pada aspek strategi pengembangan promosi yang masih belum optimalnya penyelenggaraan promosi secara terintegrasi yang dilakukan baik oleh pemerintah daerah maupun para pengusaha dalam rangka meningkatkan penyebaran informasi pariwisata. Hal ini ditandai dengan adanya pusat informasi yang terencana, sehingga penyebaran promosi dilakukan secara sendiri-sendiri. Selanjutnya pada aspek strategi pengembangan destinasi wisata yang masih belum optimal karena keterbatasan anggaran pembangunan sarana dan prasarana penunjang pariwisata. Selain itu, pengembangan kegiatan pariwisata masih berfokus pada pengembangan aspek destinasi alam. Belum terlihat upaya menciptakan objek pariwisata baru yang bersifat non fisik, seperti pengembangan potensi kebudayaan yang ada di Tanjung Bira. Sementara itu dari aspek strategi pengembangan kemitraan, belum efektifnya kemitraan Pemerintah Daerah (Pemda) dengan masyarakat lokal dan dunia Industri dalam melakukan kolaborasi. Keterlaksanaan komunikasi dan koordinasi diantara pelaksana kebijakan masih kurang maksimal, khususnya berkenaan dengan pelaksanaan koordinasi antar pemerintah daerah dan pemerintah melalui kementerian kehutanan yang dilakukan belum intensif dan berkelanjutan.

3. Model pengembangan Pariwisata Tanjung Bira ditinjau dari Master Plan yang diperlukan model pengembangan Pariwisata yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan. Perlu adanya tambahan aspek keinginan stakeholder dan koordinasi pemerintah dan masyarakat dan pihak swasta agar pengembangan Pariwisata Tanjung Bira berjalan sesuai harapan.

Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm, Pemb, telah mempresentasikan Disertasinya di hadapan para penguji, sehingga dengan baik, sehingga dapat memperoleh nilai A “Sangat Memuaskan”.
Dengan adanya nilai tersebut, maka Andi Risma Jaya berhak menyandang Gelar Doktor Ilmu Administrasi Publik. Hal itu, disampaikan Prof. Dr. Armin, M.Si ketika memimpin sidang Promosi ini.

Dr.Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm.Pemb. menyampaikan terima kasih kepada Promotor, Kopromotor I, Kopromotor II, Penguji Eksternal, Penguji Internal, atas bimbingannya sehingga dapat menyelesaikan studinya.

Promosi Doktor ini, turut di hadiri Dekan FISIP UIT, Dr. Nani Harlinda Nurdin, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Pemerintahan, St. Mirza, S.IP, M.Si, Ketua Prodi Ilmu Komunikasi Pyan Andinasari Kuen, S.IP, M.I.Kom, Wakil Rektor 3 Univ. Pancasakti, Sumardi, S.Sos, M.Si, Lurah Pasar Butung, Andi Fadli, S.Kom, Widiaswara Kemenag RI, Dr.A.Ali Imran Sadig, M.AP, Dr. Muh.Imran, S.IP, M.Si, Dr.Andi Azhar Aljurida, S.IP, M.Adm, Pemb, Dosen FISIP UIT, Dosen Univ. Pancasakti, Orang Tua, Istri, anak, keluarga Dr.Andi Risma Jaya, S.IP, M.Adm. Pemb.

( Humas UIT/ Beddu Lahi).

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ratusan Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Dikukuhkan Jadi Alumni

24 Mei 2022 - 19:08 WIB

Siswa SMA Islam Athirah Bukit Baruga Digembleng Tim Elit Angkatan Udara

20 Mei 2022 - 14:56 WIB

OSIS SMA Islam Athirah Bukit Baruga Lahirkan Duta Literasi

15 Mei 2022 - 10:52 WIB

Peringatan Hardiknas 2022, Kepala Sekolah dan Guru Kenakan Busana Daerah

14 Mei 2022 - 07:12 WIB

SD Inpres Panaikang II/1 Bertekad Raih Adiwiyata Kota Makassar

12 Mei 2022 - 08:25 WIB

Ruang Kepsek SDN 244 Lekoboddong Maros, Dijadikan Ruang Multi Fungsi

11 Mei 2022 - 22:36 WIB

Trending di Pendidikan