Juara Lukis dan Karikatur, Puteri Wapres Siap Perjuangkan Seniman Melalui Partai Demokrat

oleh -4 views
IMG 20210911 https://sulselexperience.com/juara-lukis-dan-karikatur-puteri-wapres-siap-perjuangkan-seniman-melalui-partai-demokrat.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα Juara Lukis dan Karikatur, Puteri Wapres Siap Perjuangkan Seniman Melalui Partai Demokrat 1 Politik, Utama Partai Demokrat dua dekade
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SulselExperience.com, Jakarta : Setelah hampir seminggu menantikan pengumuman, peserta lomba lukis dan karikatur yang diselenggarakan DPP Partai Demokrat akhirnya bisa bernapas lega. Hari Kamis (9/11) hasil lomba yang banyak ditunggu akhirnya diumumkan secara resmi bersamaan dengan perhelatan ulang tahun yang ke-20 partai besutan SBY tersebut.

Ronie Arief Ariyanto, pelukis asal Salatiga Jawa Tengah memastikan dirinya menggondol juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah sebesar Rp. 7.000.000 dari panitia. Lukisan dengan teknik 3 dimensi yang sensasional ini sangat kuat dalam membangun narasi simbolis tentang bagaimana semestinya Partai dengan logo bintang mercy ini berkoalisi dengan rakyat Indonesia.

Ronie menggambarkan rakyat dengan simbol kardus yang ditempelkan pada sebuah tembok biru dengan perekat sebuah stiker bertuliskan kata S14P yang menjadi representasi Partai Demokrat. Di tengah-tengah gambar ada sebuah ornament es teh manis mengelantung dengan tali tersambung pada tembok biru. Es teh tersebut konon menggambarkan sebuah harapan dalam dunia politik yang semestinya menyegarkan. Lukisan ini awalnya mengejutkan panitia, semua yang melihat untuk pertama kalinya akan menyangka bahwa karya tersebut bukan lukisan. Tak terkecuali koordinator lomba lukis dan karikatur yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Demokrat, Siti Nur Azizah Ma’ruf.

“Awalnya saya mengira dia bercanda. Masak lomba lukis malah mengirim foto kardus. Karya tersebut benar-benar tidak menyerupai sebuah lukisan, malah seperti foto yang konyol dan menganggu. Rupanya selain teknik sang pelukis yang luar biasa sehingga bisa menipu mata kita, lukisan tersebut juga sarat makna. Akhirnya setelah panitia memastikan bahwa karya tersebut memang lukisan asli 100%, dan setelah membaca deskripsi yang dibuat sang pelukis, panitia malah memenangkanya menjadi juara 1,” ungkap Azizah.

Sedangkan dalam lomba karikatur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang menyabet juara 1. Dengan mengambil tema “Besama kita kuat, Bersatu Kita bangkit”, karikatur dengan teknik digital tersebut menggambarkan sebuah keniscayaan akan adanya perbedaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Lukisan tersebut mengajak masyarakat untuk menjadikan perbedaan sebagai sumber kekuatan dalam menghadapi musuh yang sama yakni pandemi.

“Animo publik untuk mengikuti lomba kali ini luar biasa, hanya sedikit provinsi yang tidak mengirimkan wakilnya. Namun dikarenakan waktu penyelenggaraan sangat sempit, menyebabkan ada beberapa proses yang kurang sempurna. Meskipun begitu, momentum ini diharapkan dapat menyadarkan kita bahwa potensi seni rupa di Indonesia itu luar biasa. Demokrat harus berada di sana mendukungnya. Demokrat wajib membersamai komunitas ekonomi kreatif Indonesia. Ingat, Pak SBY itu seniman, jadi partainya juga wajib pro seniman”, ungkap Puteri dari KH Ma’ruf Amin ini bersemangat.

Untuk menunjukkan keseriusan ucapannya, perempuan yang sering dipanggil dengan akronim SNA ini meluncurkan sebuat platform digital untuk seniman di Indonesia dengan nama deGaleri.com. Seperti diketahui, hanya dalam waktu singkat platform berhasil menarik kunjungan puluhan ribu netizen. Tak heran saat panitia lomba membuat “vote” untuk lukisan dan karikatur terfavorit, platformini ini langsung dibanjiri ribuan orang.

“Saya berharap setiap daerah bisa menyelenggarakan kegiatan seperti ini secara lebih baik. Ingat, teriakan seniman melalui karya itu lebih nyaring ketimbang teriakan politisi itu sendiri. Partai harus merangkulnya agar Indonesia lebih baik. Jangan bungkam suara seniman Indonesia,” ungkap Azizah.

Azizah pun mengucapkan selamat untuk semua juara. Ia juga menyampaikan banyak terima kasih untuk semua partisipan lomba. Lomba ini aakan memberikan hadiah kepada 6 juara pada masing-masing kategori. Informasi lebih lengkap mengenai pemenang lomba ini sebagai berikut:

*Juara lomba melukis*
Juara 1 Ronie Arief Ariyanto asal Jawa Tengah, Juara 2 Frorensius Oktaviano Bryan asal Daerah Istimewa Yogyakarta, juara 3 Setiyono Budi Sampurno asal Jawa Timur. Sedangkan juara harapan 1 Julion Afdil asal asal Sumatera Barat, juara harapan 2 Budi Tri Maulani asal Kalimantan Barat, dan juara harapan 3 Yarah Prihatini asal Jawa Barat

*Juara lomba karikatur*
Juara 1 Nopri asal Kep. Bangka Belitung, juara 2 Febrianus Bian Kardoso asal Daerah Istimewa Yogyakarta juara 3 Ibnu Mirsal asal Sumatera Utara. Sedangkan juara harapan 1 Muhamad Rizky asal Sulawesi Tengah, juara harapan 2 Makmun asal Sulawesi Selatan, dan juara harapan 3 Yudi Hermanto asal DKI Jakarta.

 

 

(U.Dg.Nai)