Kalla Group Ulas Peran Terapi Plasma Konvalesen dalam Webinar Sinergi Atasi Covid-19 Seri 7

oleh -13 views
IMG 20210818 WA0091 https://sulselexperience.com/kalla-group-ulas-peran-terapi-plasma-konvalesen-dalam-webinar-sinergi-atasi-covid-19-seri-7.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα Kalla Group Ulas Peran Terapi Plasma Konvalesen dalam Webinar Sinergi Atasi Covid-19 Seri 7 1 Berita KALLA GRUP
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

EXPERIENCE,MAKASSAR – Beberapa terapi kini dilakukan sebagai upaya dalam penanganan pasien penderita Covid-19, diantaranya plasma kovalesen atau plasma darah dari pasien yang telah sembuh atau penyintas Covid-19. Melalui upaya ini pun dapat membuat pasien bisa sembuh lebih cepat berkat antibodi dari plasma yang mereka terima.

Pada Webinar Sinergi Atasi Covid-19 Seri 7, Kalla Group telah membahas Peran Terapi Plasma Konvalesen pada Covid-19 Gejala Berat-Kritis, Rabu (18/8/2021). Narasumber yang dihadirkan ialah Wakil Ketua PMI Sulsel Bidang UUD/UTD & Rumah Sakit, dr. Hj. Kusrini A. Pasinringi, MMR.

“Sejauh ini PMI telah melakukan berbagai upaya rehabilitatif dalam penanganan Covid-19, salah satunya dukungan penyediaan plasma konvalesen. PMI memiliki pengawasan dan pemanfaatan plasma konvalesen. Alhamdulillah, di Sulawesi Selatan dapat mesin apheresis yang bisa mendukung transfusi plasma konvalesen. Jadi, bagi masyarakat yang membutuhkan atau ingin mendonor plasma konvelesen, silakan menghubungi UTD Provinsi Sulawesi Selatan atau PMI Kota MAKASSAR di Jl Kandea,” ungkap dr. Kusrini.

Ia mengungkapkan, terapi plasma konvalesen menjadi terapi alternatif bagi penyintas Covid-19. Namun, tak mudah untuk menemukan pendonornya dikarenakan syarat yang sangat ketat. Adapun syarat pendonor, diantaranya penyintas Covid-19 yang sudah sembuh dan bebas dari keluhan atau gejala subjektif selama 14 hari, berat badan pria minimal 55 kg dan perempuan minimal 60 kg serta belum pernah hamil, usia 18-60 tahun serta lolos uji screening labotorium.

“Jadi, pendonor plasma konvalesen merupakan orang-orang yang terpilih. Bilamana ada 40 orang yang berkumpul, biasanya hanya sekitar 4 orang yang memenuhi syarat. Memang tak mudah. Tetapi, di tengah ketiadaan pengobatan Covid-19 yang baku, terapi plasma konvalesen bisa menjadi opsi penyembuhan. Plasma konvalesen ini berpedan sebagai antibodi spesifik dan imunomodulator,” jelas dr. Kusrini.

Kegiatan ini disiarkan secara langsung pada Youtube Kalla Group, IDI MAKASSAR, Satgas Covid-19 Unhas, UMFA Channel, Athirah TV, Celebes TV dan Wahdah TV. Webinar Sinergi Atasi Covid-19 pun masih berlanjut. Hingga pada pekan ketiga Agustus 2021 sudah memasuki seri ke-7. Sebelumnya, pada seri ke-6, Kalla Group telah mengangkat tema “Mengelola Stress di Masa Pandemi” dengan menghadirkan dua pembicara, yakni Dr. Sitti Murdiana, S.Psi., M.Psi., Psikolog selaku Psikolog dari Universitas Negeri MAKASSAR dan dr. Salwa Mochtar.