Dosen FMIPA UNM, Sebut, Analisis Simulasi Model SEIR Bisa Menurunkan Tingkat Penyebaran Covid-19

oleh -45 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Experience Makassar- Mahasiswa matematika FMIPA UNM yang tergabung dalam tim Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta(PKM-RE) dengan judul “Efektivitas Penerapan Protokol Kesehatan 3M terhadap pencegahan penularan COVID-19 dengan Model SEIR di Kota Makassar”.

Tim yang terdiri dari 5 orang yang diketuai oleh Aisyah Mukhlisan Araaf dari Prodi Pendidikan Matematika dengan anggota Munadiya Yunadia, Nur Qamariah, Yusnalia Kadir yang juga dari Prodi Pendidikan Matematika UNM dan La Ode Salman Yassar dari Prodi Statistika UNM. Tim ini dibawah bimbingan Prof. Dr. Syafruddin Side, S.Si., M.Si. yang merupakan salah satu Dosen di Jurusan Matematika FMIPA UNM.

Penelitian yang memfokuskan pada konstruksi, analisis dan simulasi model matematika SEIR terhadap pencegahan penularan COVID-19 di Makassar menggunakan software Maple.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat efektivitas penerapan protokol kesehatan 3M maka semakin meningkat proporsi populasi yang sembuh. Dari hasil analisis dan simulasi model SEIR pada penelitian ini ditunjukkan bahwa efektivitas tinggi maka angka penyebaran COVID-19 semaki kecil sehingga meminimalisir penularan COVID-19 di Kota Makassar.

Artikel ilmiah dari penelitian ini juga akan diterbitkan pada SAINSMAT : Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahian Alam terindeks Sinta 4 juga telah mendapatkan HKI Software dari Kementrian Hukum dan HAM RI.

“Harapannya dengan adanya peneltian ini pemerintah dapat menghimbau kepada masyarakat bahwa apabila 90% masyarakat menerapkan Protokol Kesehatan 3M maka dapat menekan penyebaran COVID-19, tidak hanya di Makassar tetapi juga di Indonesia.” Tutur Ketua tim Aisyah Mukhlisah Araaf.

(Ahmad)