KPU Makassar Partisipasi Pemilih Di Wilayah Kecamatan Yang Rendah, Dinilai Masih Rendah

oleh -10 views
IMG 20211104 https://sulselexperience.com/kpu-makassar-partisipasi-pemilih-di-wilayah-kecamatan-yang-rendah-dinilai-masih-rendah.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα KPU Makassar Partisipasi Pemilih Di Wilayah Kecamatan Yang Rendah, Dinilai Masih Rendah 1 Politik KPU Makassar
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SulselExperience com, Makassar – Komisi Pemilihan Umum Kota Makassar kembali melaksanakan Kegiatan Penddikan Pemilih pada daerah Partisipasi Rendah di Kecamatan Bontoala Kota Makassar yang digelar di Kantor Lurah Layang rabu 03 November 2021 Kota Makassar.

Dalam pendidikan pemilih itu dihadiri oleh Anggota KPU Makassar Bidang Koordinator Divisi Sosdiklih Endang Sari, Akademisi Unhas/TPD DKPP Dr. Gustiana A Kambo serta staf Sekretariat KPU Kota Makassar.

Pada kegiatan ini adalah warga Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala yang terdiri dari kader Kelurahan Peduli Pemilu dan Pemilihan dengan latarbelakang Ibu Rumah Tangga, Wiraswasta, Guru, Kader Posyandu dan Mahasiswa. “Ujar Komisioner KPU Makassae Endang Sari Rabu malam (3/11/21).

Komisioner KPU Kota Makassar  (Endang Sari) menyampaikan bahwa KPU Kota Makassar focus pada daerah yang berpartisipasi rendah di Pilkada 2020 Kota Makassar, angka partisipasi untuk Kota Makassar masih belum memenuhi target Nasional (77,5 %) partisipasi di Makassar pada Pilkada Makassar 2020 baru mencapai 59,68%.

Tapi satu hal yang menjadi kebanggaan dari KPU Makassar karena pertama kalinya dalam sejarah Pilkada di Makassar tidak ada konflik, tidak ada gugatan hukum, dan berakhir dengan damai. Hal tersebut mengkonfirmasi betapa dewasanya warga Kota Makassar dalam berdemokrasi.

Di masa tanpa tahapan Pemilu/Pemilihan, KPU Makassar tetap berkomitmen untuk serius melakukan pendidikan pemilih agar masyarakat bisa memilih calon secara otonom berdasarkan visi-misi dan gagasan yang dibawa, pro aktif menolak politik uang, bisa mengcounter hoax, dan aktif terlibat menggunakan hak pilih pada saat pemilihan.

Kegiatan Pendidikan Pemilih ini juga menghadirkan pemateri dari external KPU yaitu Dr. Gustiana, M.Si, Akademisi Universitas Hasanuddin/TPD DKPP Sulsel, yang membawakan materi tentang Pendidikan Pemilih terkait Pencegahan Politik Uang dalam Pemilu dan Pemilihan.

Kegiatan ini dilaksanakan berdasarkan Surat Edaran KPU RI Nomor 515/PP.06-SD/06/KPU/VI/2021 tanggal 3 Juni 2021, Kota Makassar termasuk Daerah Partisipasi Pemilih Rendah, ada 15 Kecamatan yang menjadi target kegiatan Pendidikan Pemilih yang berpartisipasi rendah salah satunya adalah Kelurahan Layang Kecamatan Bontoala Kota Makassar .