Pemkot Makassar Dukung Penuh Strada Pencegahan Perkawinan Anak

oleh -22 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

EXPERIENCE ,MAKASSAR– Pembahasan Draft Strada Pencegahan Perkawinan Anak (PPA) kota Makassar oleh tim Penyusun Strada PPA Sulsel kembali di gelar Selasa (21/9/21) diruang Skalebi Balai Kota Makassar.
Kegiatan ini dilaksanakan oleh ICJ Makassar , Pemerintah Kota Makassar, Koalisi Stop Perkawinan Anak Sulsel atas Dukungan AIPJ2 . Acara ini bukan langsun oleh Staf Ahli Walikota Makassar, Sittiara. Dalam sambutannya, Staf Ahli walikota mengatakan, kegiatan ini penting untuk disupport oleh Pemerintah Kota Makassar karena terkait dengan pemenuhan hak dan perlindungan anak yang menjadi kewajiban setiap orang. Dia mengaku sangat prihatin dengan tingginya angka percerain di kota Makassar.
“saya khawatir jangan-jangan yang bercerai ini adalah mereka yang menikah dini di usia anak,sehingga sangat mudah bercerai,” ujarnya.
Dia juga meminta pihak Bappeda Makassar,agar Strada ini bisa menjadi prioritas sehingga mendapat perhatian segera untuk direspon. Pada kesempatan tersebut Sittiara juga meminta OPD terkait untuk mensupport starada tersebut.
Sedang Amri sebagai Narasumber dari Bappeda mengatakan jika sesuai target RPJMD kota Makassar penurunan angka perkawinan anak ditarget sampai 2,18% hingga tahun 2026. Menurutnya semua ini bisa tercapai dengan berbagai pendekatan seperti konsolidasi, akselerasi dan penguatan.

Disisi lain Husmirah Husain Nara sumber dari tim pendamping/koalisi stop kawin anak mengatakan telah banyak yang telah dilakukan baik oleh pemerintah maupun oleh organisasi masyarakat sipil, terkait strada ini.
“Sebenarnya program/keg tidak mesti berbunyi pencegahan perkawinan anak tapi bagaimana menginsert issu ini ke dalam setiap kegiatan kita,” ujarnya.

Kegiatan Konsultasi Publik draft Strada ini sendiri adalah salah satu cara untuk stake holder memberi masukan pada document karena akan menjadi acuan bersama dalam upaya PPA khususnya di Kota Makassar demi kepentingan terbaik anak sebagai perwujudan dari prinsip hak anak demikian tambahan dari Warida Safie sebagai Direktur. ICJ Makassar.
Sedang Husaimah dari Aipj2 menyampaikan apresiasi yang besar atas pelaksanaan kegiatan ini dan berharap dokument bisa segera final.
Diakhir kegiatan ini, Andi Yudha Yunus menyampaikan rekomendasi kegiatn untuk SKPD yang belumm selesai akan ada tim dari Pemkot dalm hal ini DP3A dan ICJ Makassar akan berkoordinasi lebih lanjut untuk penyempurnaan strada.