Raja Gowa Anugerahi Pangdam Hasanuddin Gelar Karaeng Tonang

oleh -4 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Gowa,sulselexperience,com- Pangdam XIV Hasanuddin, Mayjen TNI Andi Sumangerukka dianugerahi gelar kerajaan dari Raja Gowa, Andi Kumala Ijo. Pemberian gelar ini, sepakat diberikan kepada Andi Sumangerukka, karena merupakan keturunan Raja Bone, Raja Gowa dan Raja Barru. Bahkan setelah diurut dan diusut, Pangdam XIV/Hsn ini tak lain adalah kemenakan dari Raja Gowa. Sekitar 50 orang para sesepuh dan pemuka adat kerajaan serta tamu undangan hadir dalam prosesi tersebut.

“Kami dari pemangku adat kerajaan Gowa telah sepakat untuk memberikan gelar kepada Mayjen TNI Andi Sumangerukka SE yang merupakan keturunan Raja Bone, Raja Gowa dan Raja Barru. Gelar tersebut adalah Andi Sumangerukka Kareng Tonang,” jelas Andi Kumala Ijo.

Pemberian gelar dilakukan di Museum Istana Balla Lompoa, Rabu (30/9/2020), dalam rangkaian kunker Pangdam XIV/Hsn, Mayjen TNI Andi Sumangerukka bersama Ketua Persit KCK Daerah XIV/Hsn, Ny Arinta Nila Hapsari Andi Sumangerukka beserta rombongan. Kunker dalam rangka wisata dan silahturahmi dengan Forkopimda Gowa ini, dihadiri Pj Bupati Gowa, Andi Aslam Patonangi, unsur pejabat TNI dan Polri serta Forkopimda Kabupaten Gowa.

Di kesempatan itu, Pangdam mengatakan, darah yang mengalir dari keturunan bugis Makassar tidak lepas dari simbol Sirina Pacce. Simbol ini erat kaitannya dengan upaya menjaga diri dari berbagai perbuatan tercela, yang bisa mempermalukan diri dan keluarga. “Mari sama-sama kita menjaga kerukunan dan silaturahmi kita. Kita bersama-sama dan bersatu memajukan daerah kita, bangsa dan negara kita,” jelas Andi Sumangerukka.

Di Balla Lompoa, Pangdam juga meninjau sejumlah benda pusaka kerajaan serta mengunjungi makam Sultan Hasanuddin dan makam Arung Palakka.(£)