Sosialisasi Pengembangan Karakter dan Soft Skills Mahasiswa Unhas Menyorot Peran Penasehat Akademik

oleh -2 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Selagi.id, Makassar – Tim Pengembangan Karakter dan Soft Skills Mahasiswa Unhas melakukan sosialisasi di FKM Unhas pada hari Selasa, (17/7/2018). Hampir seluruh pegawai, pimpinan jurusan dan lembaga kemahasiswaan hadir dalam acara tersebut.

Dekan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. drg. Andi Zulkifli, M.Kes. menyampaikan dalam sambutannya, bahwa karakter ini perlu dibangun dan tidak hanya pada mahasiswa tetapi juga pada dosen. Ada kepedulian terhadap sesama dan lingkungan sekitar. Ada karakter MARITIM yang perlu dimiliki oleh mahasiswa Unhas.

Selanjutnya presentasi oleh Tim dari Unhas yaitu Ibu Elvita Bellani, S.PSi, MSc dosen Prodi Psikologi Fakultas Kedokteran yang didampingi oleh bapak Dr. Syarif M. Parenreng, ST, MT dosen Fakultas Teknik dan Ibu Nur Arifah, SKM, MA dosen Fakultas Kesehatan Masyarakat. Dalam presentasinya bahwa pengembangan karakter ini perlu misalnya mahasiswa yang ulet, bersikap empati jujur, bertanggung jawab dan sebagainya.

Oleh karena itu, dalam grand desain ini mahasiswa dipersiapkan mulai tahun pertama sampai selesai pada tahun keempat, dan pada tahun pertama ada PMB, training pengembangan karakter dan Soft skills, mentoring dan forum mentor, ditahun kedua dan ketiga misalnya kegiatan mahasiswa baik Dihimpunan, BEM dan UKM dan pada tahun terakhir adalah dipersiapkan dengan pelatihan karir.

“Dalam presentasi tersebut juga banyak disorot mengenai peran Penasehat Akademik,” ujarnya.

Lebih lanjut Elvita Bellani menjelaskan bahwa, Hal yang menarik dalam kegiatan sosialisasi ini adalah lembaga kemahasiswaan dan pegawai sangat aktif. Angga misalnya dari keluarga mahasiswa memberikan saran mengenai evaluasi dan mentoring dari output grand desain ini. Demikian pula Fahmi juga menyampaikan bahwa grand desain yang dibuat Unhas ini juga menjadi nilai tambah bagi mahasiswa untuk menjadi lebih baik.

Dari pihak pegawai misalnya bapak Irwan, Kasubag Perlengkapan juga memberikan masukan pentingnya juga membuat grand desain pengembangan karakter pegawai.

Kegiatan yang dipandu oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD juga memberi masukan bahwa mengelola kemahasiswaan harus dimaknai dalam pengertian yang lebih komprehensif. Untuk itu, pengembangan karakter dan Soft skills mahasiswa adalah karakter akademik, karakter yang berorientasi pada keuangan dan karakter nalar dan leadership.

Pada kesempatan ini pula, Prof. Sukri juga menyampaikan secara singkat mengenai Peraturan Rektor tentang Organisasi Kemahasiswaan dan Peraturan Rektor tentang Surat Keterangan Pendamping Ijazah. (*)