Membangun Generasi Milenial yang Sehat, Dosen FKM Unhas Ajari Siswa SD dan Orang Tua Siswa Praktek Gizi Seimbang dan PHBS

oleh -1 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Liberalnews, Makassar – Tim program pengabdian kepada masyarakat unhas Program kemitraan masyarakat (PPMU-PKM) dari program studi Ilmu Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Fakultas Kesehatan Masyarakat yang diketuai oleh Prof. Dr. Saifuddin Sirajuddin, MS bekerja sama dengan pihak Sekolah Dasar Negeri Cambayya Kota Makassar menyelenggarakan “peningkatan praktek gizi seimbang dan phbs pada murid sekolah dasar negeri cambayya kota Makassar”.

Kegiatan ini berlangsung pada hari selasa, 28 Agustus 2018. Sebanyak 50 siswa dan 50 orang tua siswa yang turut hadir. Kegiatan ini bertujuan untuk 1) meningkatkan pengetahuan, motivasi, dan skill orang tua murid dan guru tentang gizi seimbang anak sekolah. 2) meningkatan kebiasaan sarapan pagi. 3) meningkatan praktek dan motivasi murid pada lingkungan bersih dan sehat.

Adapun rangkaian kegiatannya terdiri dari pre-test, presentasi mengenai gizi seimbang dan PHBS yang dilakukan secara bersamaan di kelas yang berbeda dan setelah itu dilanjutkan dengan pemberian post-test untuk mengukur sejauh mana peningkatan pengetahuan peserta mengenai materi yang telah diberikan. Selanjutnya, Tim pengabdian melakukan sesi foto bersama dengan para peserta.

Jeda seminggu tim pengabdian kembali turun kelapangan untuk melakukan evaluasi kembali dengan memberikan lembar post test dan memberikan demo dan pengenalan bahan pangan kepada siswa SD.

Tujuan dilakukannya kembali evaluasi untuk mengukur apakah materi yang telah diberikan kepada siswa SD tersebut mereka masih paham terhadap materi tersebut. Sedangkan pemberian demo dan pengenalan bahan pangan bertujuan untuk memberitahukan kepada siswa SD makan beraneka ragam sesuai gizi seimbang tidaklah mahal dan pengenalan kandungan zat gizi yang terdapat pada bahan pangan tersebut beserta manfaatnya bagi tubuh.

Harapannya dengan hadirnya program ini orang tua siswa dan siswa SD dapat mengaplikasikan Gizi Seimbang dan PHBS dengan baik sehingga generasi milenial yang sehat dapat diwujudkan di Kota Makassar.(*).