Adu Ide Bisnis Ideathon 2021, Pemenang Raih Jutaan Rupiah hingga Beasiswa

oleh -13 views
IMG 20211029 https://sulselexperience.com/adu-ide-bisnis-ideathon-2021-pemenang-raih-jutaan-rupiah-hingga-beasiswa.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα Adu Ide Bisnis Ideathon 2021, Pemenang Raih Jutaan Rupiah hingga Beasiswa 1 Bisnis Adu Ide Bisnis Ideathon 2021
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SukselExperience com, Makassar – Setelah melalui berbagai tahapan yang panjang, tiga tim dari berbagai SMA di Sulawesi Selatan dinyatakan menjadi pemenang Ideathon ITB Kalla (Institut Teknologi Dan Bisnis Kalla) tahun 2021. Ketiga tim itu berasal dari SMA Negeri 17 Gowa (Juara 1), SMK Negeri 7 Selayar (Juara 2), Dan SMA Negeri 1 Takalar (Juara 3). Mereka lolos menjadi pemenang dalam ajang kompetisi ide bisnis tingkat SMA yang diselenggarakan oleh ITB Kalla, Jumat (29/10/2021).

Sebelum dinyatakan sebagai juara, ketiga tim harus melewati tahapan yang panjang dan mengalahkan berbagai sekolah yang ikut serta dalam kegiatan itu. Kompetisi ide bisnis itu berlangsung selama sebulan terhitung dimulai dari 27 September hingga 27 Oktober 2021. Pada tahap awal seluruh peserta mengikuti kick off idethon yang dibuka secara resmi oleh Jusuf Kalla Via Zoom. Kemudian agenda itu dilanjutkan ke tahap pembekalan materi bisnis dan pembuatan proposal bisnis. Peserta dengan proposal ide bisnis terbaik lanjut ke tahap presentasi ide bisnis melalui video yang kemudian diseleksi secara ketat oleh tim juri.

Tim juri terdiri dari dosen praktisi dan dosen akademisi yang kompeten di bidang bisnis dan kewirausahaan. Di akhir, barulah ditetapkan Usran Aryandi dan Rahmat Hidayat sebagai pemenang Ideathon ITB Kalla 2021. Ide bisnis yang mereka ajukan mengenai palm sugar yaitu mengolah produk gula aren yang memiliki nilai tambah

Ketua Program Studi Manajemen Retail Anhar Januar Malik mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan pertama kalinya diselenggarakan kampus.

“Ideathon 2021 merupakan kompetisi ide bisnis pertama yang kami buat. Hal ini sebagai bentuk konsistensi dan keseriusan kami dalam mengembangkan potensi bisnis serta pelaku bisnis di Sulawesi Selatan. Tentunya kegiatan ini akan kami lanjutkan di tahun depan dengan jumlah peserta yang lebih banyak. Harapan saya tentunya kepada seluruh peserta untuk tidak berhenti di kompetisi ini, tp melanjutkan ide bisnis itu ketahap selanjutnya hingga menjadi bisnis yang sustainable,” Jelasnya.

Kompetisi ide bisnis itu diselenggarakan secara online dari tahap awal hingga akhir. Hal itu karena protokol kesehatan yang ketat di area kampus serta banyak peserta yang berasal dari luar kota Makassar.
Melalui sambungan telepon, Ketua Tim Dari SMAN 17 Gowa Rahmat Hidayat mengatakan sangat senang dan bangga atas pencapaian yang dia lakukan bersama tim sehingga mendapatkan juara

“Tentunya saya sangat bangga dan senang, selain itu juga banyakk hal yang bisa saya dapatkan setelah mengikuti lomba ini. Mulai dari cara membuat proposal bisnis yang baik, membuat video presentasi hingga mempresentasikannya. Terkait Palm Sugar ini kami akan segera menjalankan bisnis ini, dan mungkin akan membuat varian baru yang bisa dinikmati oleh masyarakat luas,” Ucapnya.

Selain 3 pemenang, juga ditetapkan 3 pemenang favorit yang berasal dari SMK Negeri 3 Makassar, SMA Islam Athirah Baruga, Dan SMA Islam Athirah Bone. Masing masing menerima hadiah berupa uang tunai dan bebas tes masuk di kampus ITB Kalla.

Tim ITB Kalla dalam waktu dekat akan datang dan berkunjung ke sekolah pemenang untuk meninjau langsung potensi bisnis yang telah di paparkan dalam proposal. Sekaligus serah terima hadiah secara simbolis dari pihak panitia kepada pihak pemenang.

Bisnis Ideathon 2021 akan menjadi agenda tahunan di kampus ITB Kalla dengan tujuan mengajak pelajar untuk mengembangkkan ide bisnis yang kreatif.

 

(Sukri)