FKM Unhas Makassar, Menggelar Workshop PKM 5 Bidang Di Hotel Harper Perintis

oleh -1 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Begini Cara FKM Unhas Tingkatkan Prestasi PKM 5 Bidang

Liberalnews, Makassar – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hasanuddin (FKM Unhas) menggelar Workshop Peningkatan Daya Saing Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 5 bidang di Hotel Harper Perintis, Kegiatan ini dihadiri oleh 36 orang mahasiswa; sebanyak 22 orang berasal dari Program Studi Ilmu Gizi dan 14 orang dari Program Studi Kesehatan Masyarakat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh dosen pendamping sebanyak 13 orang.Sabtu, (6/10/2018).

Workshop ini dilaksanakan untuk memberikan masukan-masukan atas draft proposal yang telah disusun oleh tim PKM. Hasil workshop berupa Proposal PKM yang akan diunggah di sistem informasi PKM Unhas yang selanjutnya akan diseleksi secara internal. Proposal yang lolos seleksi internal akan mendapatkan pin dan akan dikompetisikan pada seleksi proposal PKM Kemenristek Dikti tahun 2018 pendanaan tahun 2019.

Menurut Muhammad Rachmat selaku Ketua Tim Pokja PKM FKM Unhas kegiatan ini merupakan upaya sistematis untuk meningkatkan prestasi mahasiswa pada PKM 5 Bidang. “Kegiatan ini mempertemukan tim PKM mahasiswa dengan dosen pembimbingnya. Setiap pembimbing melihat draf proposal mahasiswa dan mendiskusikannya dengan harapan ada penajaman ide, kesesuaian ide dengan skim dan penekanan pada format panduan PKM”, jelas Rahmat.

Secara umum, ada tiga masalah pokok yang menjadi penyebab proposal PKM tidak kompetitif untuk didanai oleh Kemenristek Dikti yaitu, (1) masalah format penulisan yang tidak sesuai dengan panduan, (2) masalah tingkat kreativitas ide proposal, dan (3) masalah kesesuaian antara ide proposal dengan bidang PKM yang dipilih. Setiap proposal PKM yang akan dikompetisikan secara nasional akan dievaluasi untuk memastikan bebas dari ketiga masalah tersebut. Evaluasi dilakukan berjenjang di tingkat Fakultas dan Universitas untuk mendapatkan hasil yang optimal.

Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kemitraan FKM Unhas, Prof. Sukri Palutturi, PhD yang dihubungi secara terpisah mengatakan mengapresiasi kerja tim atas kerja keras dan meningkatnya partisipasi dosen dan mahasiswa dalam kegiatan PKM ini. Kami berharap bahwa ke depan semakin banyak mahasiswa yang lolos Pimnas, tambahnya.(*).