Putra Sulsel Pimpin Latihan Gabungan PPRC 2018

oleh -0 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Intelijennews, Makassar – Ribuan personel yang tergabung dalam latihan Pasukan Pemukul Reaksi Cepat (PPRC) TNI Tahun 2018, tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Sultan Hasanuddin dengan menggunakan 14 pesawat Hercules TNI AU, Makassar, Kamis (10/05/2018).

Komandan PPRC 2018, Brigjen TNI Marga Taufik saat memantau kedatangan personelnya mengatakan, sebelum bertolak ke lokasi latihan, para personel singgah di Makassar terlebih dahulu yang menjadi Daerah Persiapan AJU.

“Pasukan hari ini berkumpul di sini dalam rangka persiapan latihan uji kesiapan operasional PPRC TNI. Kita bergerak dari Malang dan Makassar dijadikan daerah persiapan AJU. Nanti rencana sasaran adalah pulau Morotai, Timika, dan Pulau Selaru,” ungkap Marga Taufik yang merupakan Panglima Divisi 2 Kostrad.

Para personel PPRC 2018 ini akan melakukan latihan selama sepekan di tiga lokasi, yakni Pulau Morotai di Maluku Utara, Timika di Papua Barat, dan Pulau Selaru di Maluku Tenggara Barat.

Marga Taufik yang merupakan putra daerah Sulsel dan Ketua Alumni SMA 2 Makassar menjelaskan, latihan PPRC menjadi agenda rutin tahunan TNI, dengan melibatkan ribuan personil beserta berbagai macam alutsista TNI tiga angkatan.

“Setiap tahun program TNI melaksanakan uji kesiapan operasional, baik di tingkat matra maupun gabungan, kali ini PPRC adalah gabungan ketiga matra itu. Kegiatan ini setahun sekali dengan sasaran-sasaran yang dipilih Tahun lalu di Natuna, pernah juga di Kalimantan, sekarang di Morotai,” ucapnya.

Ia mengatakan, latihan ini bertujuan untuk mencapai kesipan yang lebih baik, baik dari segi personil, persenjataan, maupun perlengkapan lainnya.

“Kita ingin tiga matra ini, darat, laut, dan udara siap dalam operasi. Kita berlatih untuk meningkatkan sinergitas tiga matra. Ketiga matra harus mampu beroperasi bersamaan dan terkoordinir dengan baik,” pungkasnya.

Selain Panglima Divisi 2 Kostrad, latihan PPRC ini juga dipimpin Wakil Komandan PPRC Marsma Andi Wijaya (Danlanud Abd Racman Saleh Malang), Asintel PPRC Kolonel Laut Andohar Sipayung (Asintel Koarmabar), Asop PPRC Letkol Inf Jarot (Asops Kasdif 2).

Aspers PPRC Kolonel PNB Erwin (Kadispers Abd Saleh Malang), Aslog PPRC Kolonel Inf Jufri (Aslog Kasdiv 2 Kostrad), dan Asren PPRC Kolonel Inf Rofiq (Asren Devisi 2 Kostrad). (R/Halim)