Tim PKM-RSH Psikologi UNM Teliti Terapi Penurun Kecemasan Tenaga Medis Penyintas Covid-19

oleh -36 views
IMG 20210902 WA0082 https://sulselexperience.com/tim-pkm-rsh-psikologi-unm-teliti-terapi-penurun-kecemasan-tenaga-medis-penyintas-covid-19.html 1 Bҽɾαɳԃα Iɳϝσ Nυʂαɳƚαɾα Tim PKM-RSH Psikologi UNM Teliti Terapi Penurun Kecemasan Tenaga Medis Penyintas Covid-19 1 Akademisi Covid 19
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

EXPERIENCE,MAKASSAR-Tim Mahasiswa yang beranggotakan lima orang berasal dari Fakultas Psikologi dan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Makassar (UNM) yang mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) melakukan penelitian yang memberikan manfaat kepada tenaga medis penyintas Covid-19. Dengan judul ‘Penerapan Virtual Benson Relaxation Therapy dan Points of You® Dalam Menurunkan Kecemasan tenaga Medis Penyintas Covid-19’.

Tim PKM yang diketuai oleh Hardiana mengatakan bahwa penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui efektifitas dari terapi Benson Relaxation Therapy dan Points of You® dalam membantu tenaga medis penyintas Covid-19 menurunkan kecemasan.

“Iya, penelitian yang kami lakukan ini bertujuan dalam mengetahui tingkat efektifitas terapi Benson Relaxation Therapy dan Points of You® dalam menurunkan kecemasan tenaga medis penyintas Covid ” ungkapnya.

Hardiana menjelaskan bahwa Benson Relaxation Therapy merupakan sebuah terapi pernapasan yang diikuti dengan kata-kata yang membantu menyakini individu dalam menghadapi kecemasannya dan Points of You® merupakan sebuah alat yang membantu individu dalam mempersiapkan diri menghadapi tantangan baru.

“Jadi Benson Relaxation Therapy itu terapi yang membantu menurunkan kecemasan individu dengan teknik pernapasan kemudian dibantu dengan penyampaian kata-kata penguatan ke tenaga medis. Nah, setelah itu Points of You® dipakai untuk membantu tenaga medis membuat perencanaan kedepannya. Jadi mereka siap untuk menghadapai masalah yang menyebabkan mereka cemas.” jelasnya.

Mahasiswa yang kerap dipanggil Diana ini juga berharap bahwa penelitian yang mereka lakukan dapat membantu menurunkan kecemasan tenaga medis penyintas Covid-19. Sehingga membantu tenaga medis dalam menangani pekerjaan mereka dalam mengatasi masalah pandemi Covid-19.

“Iya, kami berharap dengan penelitian kami yang disebarluaskan, dapat membantu menurunkan kecemasan tenaga medis penyintas Covid yang lebih banyak lagi. Dengan membantu menurunkan kecemasan mereka, kami secara tidak langsung berkontribusi kepada garda terdepan dalam melawan Covid-19” harapnya.

Selain Hardiana, empat anggota tim lainnya masing-masing Herianti Sonda, Nur Rahmah Abdullah, dan Muh. Idris Taqi yang merupakan Mahasiswa Fakultas Psikologi UNM. Satu lainnya, yakni Muzayyinah Al-Usrah berasal dari Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Tim ini juga dibimbing oleh Dr. H. Ahmad, S.Ag., S.Psi., M.Si selaku dosen dan kaprodi magister psikologi UNM.