Yayasan Hadji Kalla Gelar Program Pelatihan Klub Senam Jantung Sehat Angkatan II Kabupaten Gowa

oleh -8 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

SulselExperience com, Makassar – ayasan Hadji Kalla bekerjasama dengan Yayasan Jantung Indonesia baru saja menggelar program pelatihan klub senang jantung sehat angkatan II. Kegiatan ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 Oktober 2021 di Gedung LPMP Sulawesi Selatan. Pelatihan ini hadir untuk calon pelatih yang nantinya akan menjadi instruktur klub senam jantung sehat. Peserta yang mendapat pelatihan khusus ini diharapkan mampu menjadi instruktur bagi masyarakat Kabupaten Gowa, terutama kalangan usia dewasa yang rentan terhadap penyakit jantung.

Dalam program pelatihan ini, para peserta yang berjumlah 30 orang dari 30 wilayah kelurahan atau desa di Kabupaten Gowa akan menerima materi terkait kesehatan jantung, olahraga senam dan kebugaran jantung. Hingga berbagai teknik dan materi pertolongan pertama pada orang-orang yang terkena serangan jantung. Adapula materi terkait gizi dan pola konsumsi makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa, Drs. Muh. Fajaruddin, MM, beserta Ketua Yayasan Jantung Indonesia, Dr. Majdah Muhyiddin Zain, dan Manager Bidang Kemanusiaan Lingkungan dan Kesehatan Yayasan Hadji Kalla, Abdul Hakim turut hadir dalam kegiatan ini. Tak hanya itu, beberapa perwakilan dari IDI Makassar juga menyempatkan hadir.

Abdul Hakim selaku Manager Bidang Kemanusiaan Kesehatan dan Lingkungan Yayasan Hadji Kalla mengungkapkan bahwa dengan adanya program ini, maka akan lahir berbagai klub atau kelompok senam jantung dari berbagai wilayah di kabupaten Gowa. Baik di tingkat kecamatan, kelurahan, hingga desa. Melalui program ini, 30 calon pelatih yang telah diberikan pelatih akan bertanggungjawab membentuk kelompok senam jantung di tempat asal masing-masing. Saat program ini telah menjadi kegiatan rutin di tiap wilayah, maka akan semakin menurunkan resiko penyakit jantung bagi masyarakat di Wilayah Kabupaten Gowa.

“Kami siap memberikan, mengawal dan bersinergi dengan para stakeholder di Kabupaten Gowa untuk menyukseskan program ini, kita semua berharap bahwa melalui program ini, akan semakin banyak masyarakat semakin sehat dengan program senam jantung yang digalakkan di setiap sudut kabupaten,” tambahnya.

Drs. Muh. Fajaruddin, MM selaku Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gowa mengucapkan terima kashi atas terpilihnya Kabupaten Gowa sebagai lokasi untuk program Jantung Sehat ini. ”Karena memang telah lama kami ingin punya program terkait kesehatan jantung di wilayah kami, namun bingung harus mulai darimana, seperti sebuah berkah dari langit, Yayasan Hadji Kalla bersama dengan Yayasan Jantung Indonesia datang ke kami untuk menawarkan program ini, kami tidak pikir panjang, langsung kami terima dan kami siap. Hari ini kita lihat sudah ada 30 orang calon pelatih yang akan menjadi tulang punggung dalam program ini. Sekali lagi kami ucapkan apresiasi dan terima kasih kami, semoga kita bisa mencapai target Indonesia sehat tahu 2025,” ungkapnya.

Beliau juga berharap agar kegiatan senam jantung ini bisa digalakkan di seluruh wilayah Kabupaten Gowa yang nantinya akan menjadi tolak ukur target Indonesia sehat tahun 2025. Beliau menambahkan bahwa sekiranya Yayasan Hadji Kalla dalam beberapa bulan berikutnya bisa kembali memfasilitasi Kabupaten Gowa untuk kembali mengirimkan lebih banyak calon pelatih senam yang bisa bertugas di setiap sudut Kabupaten Gowa.

”Saya mewakili teman-teman Yayasan Jantung Indonesia mengucapkan selamat bergabung teman-teman dari Kabupaten Gowa, kita punya tugas berat menanti di depan sana untuk kesehatan jantung seluruh masyarakat. Saya menitipkan pesan kepada teman-teman calon pelatih hari ini, mohon jaga amanah ini dan bersungguh-sungguh menjalankan program ini, karena kita adalah ujung tombak dari sehatnya masyarakat Indonesia, terkhusus Kabupaten Gowa di masa depan,” ungkap Dr. Majdah Muhyiddin Zain selaku Ketua Yayasan Jantung Indonesia.

 

 

 

(A.N Mad)