Pangdam Hasanuddin Terima Penganugerahan Gelar Adat Sebagai Keturunan Panglima Perang Bone

oleh -1 views
Unlimited Hosting WordPress Developer Persona

Bone, sulselexperience,com – Pangdam XIV/Hasanuddin Mayjen TNI Andi Sumangerukka, S.E melakukan kunjungan kerja di Bumi Arung Palakka, Kabupaten Bone Sulawesi Selatan, Kamis (17/9).

Jenderal Bintang Dua keturunan Raja Bone ini disambut langsung oleh Bupati Bone Dr. H. Andi Fashar Mahdin Padjalangi bersama para unsur pejabat TNI, Polri dan Forkopimda Kab. Bone.

Pangdam dan Ny. Arinta Andi Sumangerukka serta rombongan selanjutnya menuju Museum Arajang dalam rangka menerima gelar kehormatan dari Ketua Dewan Adat Saoroja Kabupaten Bone, Bapak Drs. H. Andi Baso Hamid Achmad.

Dewan Adat menganugrahkan nama Andi Sumangerukka Petta Teru, yang merupakan nama neneknya sendiri, yaitu Panglima Kerajaan Bone.

Panglima Kerajaan Bone kala itu, Petta Teru, adalah sosok bangsawan Bugis yang memiliki semangat pemberani, tangkas serta gesit dalam mengambil keputusan pemulihan suasana di suatu wilayah dan sangat sesuai dengan sosok Mayjen Andi.

“Alhamdulillah, saya juga ditunjuk sebagai Panglima Kodam di sini,” bebernya.

Mayjen Andi mengatakan, kedatangan di Bone sekaligus mengenang masa kecil dan leluhur.

“Bone dan Bulukumba adalah dua tempat yang wajib saya datangi, untuk bersama-sama dengan keluarga besar menghargai leluhur. Sebelumnya juga pernah ada paman saya yang menjadi Bupati,” ungkapnya.

Menurutnya, datang ke dua wilayah tersebut juga untuk bernostalgia, seperti Lapangan Merdeka yang menjadi tempat berkumpulnya kawula muda duduk-duduk santai dan bercengkerama ketika malam tiba.

“Jadi kesan-kesan saya ada di Lapangan Merdeka. Jika waktu memungkinkan, saya sebenarnya ingin nongkrong dan makan-makan kalau malam,” kata Mayjen Andi (£)