UIT Gelar Rapat Kerja di Rujab Walikota Makassar

SULSELEXPERIENCE.COM,MAKASSAR-Universitas Indonesia Timur (UIT) Gelar Rapat Kerja di Rumah Jabatan (Rujab) Walikota Makassar, Baruga Anging Mammiri, Jl.H.I.A.Saleh Dg Tompo No.33 Losari Makassar, Sabtu 19 Maret 2022.

Ketua Panitia, Dr. Nani Harlinda Nurdin, M.Si mengatakan Tema rapat kerja tahun ini, ” Akselerasi Penerapan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka”. Tema ini diambil sebagai peneguhan komitmen civitas akademika Universitas Indonesia Timur untuk mendukung, menguatkan dan memetakan rencana penyelenggaraan program dan kegiatan prioritas UIT tahun 2022 yang searah dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam kesempatan ini, izinkan saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bapak Walikota Makassar yang telah memfasilitasi terselenggaranya Rapat Kerja ini. Rapat Kerja Universitas Indonesia Timur sedianya hampir batal kami laksanakan disebabkan karena satu lain hal, namun dengan adanya bantuan bapak Walikota sehingga hal dapat terlaksana. Dan perlu saya sampaikan bahwa baru kali pertama ini kami mengadakan Rapat Kerja Universitas dengan situasi dan keadaan seperti yang sama kita saksikan hari ini dengan persiapan persiapan yang sangat singkat, ” kata Nani Harlinda.

Menurutnya, Rapat Kerja tahun 2022 ini diikuti oleh seluruh stakholder yang ada dilingkup Universitas Indonesia Timur. Bersama ini pula, saya melaporkan bahwa ada 4 komisi dan bidang yang akan.membahas hal strategis terkait kesiapan Universitas Indonesia Timur dalam menerapkan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka serta peningkatan kapasitas mutu Tridarma Perguruan Tinggi dan tata kelola administrasi. Peningkatan kapasitas dan mutu yang dimakaud meliputi bidang Akademik, bidang kemahasiswaan, bidang Sumber Daya Manusia, bidang Sarana Prasarana, bidang Keuangan, dan bidang Kerjasama.

Ketua Panitia, ucapkan terima kasih kepada seluruh pimpinan Universitas Indonesia Timur, atas kepercayaan yang diberikan kepada panitia dan terima kasih kepada seluruh Steering Committee dan seluruh Organizing Committee yang kami sebut SC-OC atas kerjasama dan kerja cerdasnya. Dan kepada bapak Walikota Makassar , sekali lagi saya mewakili Civitas Akademika Universitas Indonesia Timur mengucapkan terima kasih banyak. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai usaha kita untuk memajukan pendidikan demi kemaslahatan ummat dan kemanusiaan. ” kata Dekan Sospol.

Rektor UIT, Dr.Abdul Rahman, S.Pt, SE, MM menyampaikan terima kasih Ketua Panitia Dekan Sospol, yang beberapa hari ini sangat kiat dan bahkan menjadi spirit bagi saya, setelah wisuda kita genjot Rapat kerja hari ini, bisa dilaksanakan dengan baik.

Berkaitan judul yang diangkat oleh Ketua Panitia berkaitan dengan Kampus Merdeka, Merdeka Belajar, mas menteri menerapkan sebuah konsep, bagaimana proses mahasiswa tidak monoton didalam kegiatan keilmuannya,tapi mengharapkan sinergisitas apa yang dimaksud Merdeka Belajar. Dosennya juga tidak di harapkan monoton. Melihat sebuah konsep yang namanya bagaimana memberikan ruang kepada Dosen untuk.melakukan kegiatan mengajar dengan konsep Merdeka Belajar.

Oleh karena, inilah mungkin sebuah awal di masa saya ini melakukan kegiatan, kita bisa menerapkan sebuah sistem yang disesuaikan dengan apa yang menjadi program dari Kementerian dan Kebudayaan, teknologi dengan kajian-kajian yang menjadi acuan, apalagi kita Universitas Indonesia Timur ini, banyak jurusan, banyak program studi yang ada di Universitas kita sendiri.

Menurut Rektor, penyampaian beberapa kali mas menteri melakukan sebuah telekompres dan melakukan penyampaian bahwa seorang mahasiswa dan menjadi alumni tidak hanya menguasai satu bidang, tetapi tentang Moliks mereka, misalnya seorang sarjana ekonomi bisa ahli komputer bahkan bisa ahli di bidang psikologi.

Rapat Kerja ini, di buka Asisten Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Walikota, Drs Andi Irwan Bangsawan, M.Si, mengatakan sebuah organisasi dalam lingkup pendidikan setiap perguruan tinggi biasanya Tridarma Perguruan Tinggi, didalam.perguruan tinggi adalah tentunya Pendidikan dam Pengajaran, Pengembangan dan Pengabdian Kepada Masyarakat. Inilah konsep kita lakukan semua, yang harus dilaksanakan yang menjadi agenda.

Menurut Andi Irwan Bangsawan, Walikota Makassar memberikan tempat ini di Baruga Angin Mammiri, karena tempat kegiatan yang strategis baik pemerintah Kota Makassar, maupun penyelenggara kemasyarakatan lainnya, organisasi Stakhoulder yang ada yang selalu memberikan manfaat kota Makassar. Dan akan kita dibantu, karena tempat ini untuk kita semua, ” kata Andi Irwan Bangsawan.

Ada beberapa hal yang perlu disampaikan bapak Walikota, karena Makassar ini, banyak problema, banyak masalah, tentunya kita harus mampu hadir sebagai Perguruan Tinggi Universitas ini bisa memberikan manfaat.
Universitas Indonesia Timur, bagi saya Universitas Indonesia Timur sudah cukup lama di kota Makassar ini. Tentunya ada terjadi gelombang-gelombang tapi itu menandakan Universitas Indonesia Timur bisa bertahan dan tetap eksis dan diterima oleh masyarakat kota Makassar.

Menurut Andi Irwan persoalan penduduk kota Makassar naik 14 persen pengangguran kita cukup berat persoalan yang terjadi ketika mahasiswa selesai apa siap ful bekerja, apakah secara mandiri, berwirausaha atau bekerja perusahaan atau kantor baik badan pemerintah maupun badan lainnya, kesiapan itu tentunya harus diri kita sendiri

Saya sampaikan sama bu Rektor waktu itu, bentuk lembaga, tapi saya sudah lihat bu Dekan Sospol membuat satu Bursa Kerja Khusus program Pemerintah pusat, dan yang pertama melaksanakan adalah Disker Kota Makassar. Program pemerintah pusat ini, kita bekerjasama, koordinasi dalam hal menyiapkan adik-adik kita mahasiswa untuk langsung dapat bekerja di dunia kerja, untuk itu kami melakukan kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi. Dan alhamdulillah UIT ini menindak lanjuti walaupun saya sudah berhenti bekerja Disnaker tapi masih berlanjut, artinya ada kesinambungan positif. Bursa Kerja ini sebagai Sarana informasi, komunikasi, dan informasi program Pemerintah Kota Makassar yang berkaitan dengan pengentasan pengangguran artinya lowongan kerja di sini, ” kata Andi Irwan Bangsawan.

Sementara itu, ketua Yayasan Indonesia Timur, Aminuddin, SH, MH mengatakan ada tidak capaian kerja kita lakukan tahun lalu, tentu ini penting supaya rapat kerja yang kita laksanakan bisa berkesinambungan, tentu pada saat rapat kerja mereka membuat suatu program dan masalah-masalah yang muncul pada saat itu, dan tentu dibutuhkan penyelesaian baik pejabat berlanjut maupun terjadi pergantian. Jadi ada semacam evaluasi terhadap rapat-rapat kerja kita, kemudian berjalan waktu terjadi pergantian ataupun berlanjut terhadap pejabat-pejabat yang ada , sementara hasil rapat kerja sudah jelas. Jadi kalau bisa hasil rapat kerja disetujui kita cetak dan ditempel informasi, supaya bisa kelihatan terhadap hasil rapat kerja hari ini, “kata Aminuddin.

Kemudian berkaitan pemaparan bisa kita semua. Tentu ada hal-hal sangat penting yang kita selesaikan bersama, wacana yang paling banyak dari 1. Segi keuangan2. Administrasi. Ungkapnya.

Pada acara Rapat Kerja UIT ini, berjalan dengan baik karena ada 5 SC diantaranya: Zulkarnain Hamson, S.Sos, M.Si, Dr.Patawari, SHi, MH, Dr.Ir. Andi Asikin Muhtar, M.Si, H.Andi Tajuddin, S.Psi, M.Si, M.Kes, Abd Basir, SHi, MH.

Raker ini, turut dihadiri; Wakil I Drs.Hanafi A Kadir, SKM, M.Kes, Wakil Rektor II, Dr.Arjang, ST, MT, Wakil Rektor III, Suwardi, S.Kep. Ns, M.Kes, Direktur PPs UIT, Dekan, Kaprodi, Kepala Lembaga/Biro, Dosen, Staf dan Mahasiswa.

(Humas UIT/ Beddu Lahi).

Pos terkait

Tinggalkan Balasan